Pengertian dan Tujuan Promosi
Promosi adalah
salah satu cara yang kerap digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendorong
angka penjualan bisnisnya. Sering kali seorang pelaku usaha menarik minat calon
pembeli potensial untuk melakukan transaksi dengan berbagai macam program
promosi, mulai dari yang berupa potongan harga khusus, penawaran istimewa, atau
bundling produk. Harapannya, promo yang dilakukan akan menarik minat calon
pembeli dan secara langsung mendorong angka penjualan. Padahal, promosi
sebenarnya memiliki makna dan tujuan yang lebih luas lagi.
Pengertian Promosi secara Umum dan Menurut Para Ahli
Agar kita bisa lebih memahami pengertian promosi, maka kita bisa merujuk beberapa pendapat para ahli terkait pengertian promosi di bawah ini.
1. Harper Boyd
Boyd menjelaskan bahwa promosi adalah suatu upaya dalam membujuk orang untuk menerima produk, konsep ataupun gagasan.
2. Basu Swastha Dharmmesta
Swastha berpendapat bahwa promosi adalah suatu promosi yang dilakukan secara satu arah yang dibuat guna mempengaruhi pihak lain agar bisa menciptakan pertukaran di dalam pemasaran.
3. Louis E. Boone & David L. Kurtz
Menurut Boone dan Kurtz, promosi adalah upaya untuk membujuk, memberikan informasi, dan mempengaruhi keputusan pembelian.
4. Fandy Tjiptono
Berdasarkan Tjiptono, promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
5. Philip Kotler
Kotler berpendapat bahwa promosi adalah salah satu bagian dan juga proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi marketing mix.
6. Indriyo Gitosudarmo
Gitosudarmo menjelaskan bahwa promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen agar mereka bisa mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan pada mereka dan lalu mereka senang dan mau membeli produk tersebut.
Tujuan Promosi
Setiap pihak yang melaksanakan kegiatan promosi tentu memiliki tujuan yang ingin diraih. Berdasarkan pengertian promosi diatas, beberapa tujuan promosi adalah sebagai berikut ini:
- Memberikan informasi mengenai suatu produk secara luas pada calon konsumen potensial
- Memperoleh dan juga menjangkau konsumen baru serta menjaga tingkat loyalitas konsumen tersebut.
- Membantu meningkatkan penjualan dan juga keuntungan perusahaan
- Meningkatkan keunggulan dan juga membedakan suatu produk dengan produk lain dari kompetitor.
- Membangun branding dan citra produk pada suatu brand di mata konsumen
- Mempengaruhi asumsi dan perilaku konsumen atas suatu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar