Bentuk-Bentuk Content Marketing
Terdapat ragam bentuk dari konten marketing, tapi yang umum digunakan biasanya berupa:
Bisa dibilang bentuk ini yang paling fundamental dari strategi content marketing. Blog merupakan tempat yang pas untuk membagi informasi dan ide secara lengkap melalui blog post. Belum lagi konten blog juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang mengingat tingkat ketahanannya yang paling tinggi dibandingkan bentuk konten yang lain.
Bentuk ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin membagi informasi lebih detail dan mendalam dari sekedar blog post. Bahkan, eBook bisa dijadikan media untuk menarik perhatian target konsumen.
Tawarkan bahwa mereka bisa mendapatkan eBook tersebut secara cuma-cuma hanya dengan memasukan email mereka. Email tersebut nantinya akan menjadikan mereka sebagai leads yang kemudian bisa kamu konversi sebagai pelanggan.
Dari tahun ke tahun, konten video banyak digandrungi masyarakat. Tidak heran bentuk konten marketing ini menjadi salah satu yang paling populer. Konten berbentuk video berpotensi untuk membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di situs kamu.
Semakin lama waktu yang mereka habiskan di situsmu, semakin bagus juga penilaian versi Google. Selain itu, menurut penelitian iMPACT, video juga dapat meningkatkan trafik organik sebanyak 157%.
Termasuk bentuk konten marketing yang populer, email memiliki kemampuan pemasaran 40 kali lebih efektif dibanding media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dalam strategi content marketing, email bisa dimanfaatkan sebagai media promosi, pengingat shopping cart, berbagi newsletter, dll.
Dalam digital marketing terdapat istilah social media marketing atau strategi pemasaran melalui media sosial. Tetapi, media sosial juga termasuk dalam konten marketing khususnya untuk tempat publikasi konten yang berisi informasi, promosi, maupun meningkatkan engagement.
Penyajian data, informasi, dan pengetahuan lainnya akan lebih mudah dipahami oleh audiens dan pelanggan dengan menggunakan infografik. Sesuai namanya, bentuk konten marketing ini berupa grafik atau diagram yang disusun sedemikian rupa dengan tambahan visual menarik untuk membantu target audiens dan pelanggan memahami apa yang kamu sampaikan.
Bentuk konten marketing berupa rekaman suara yang mulai populer tahun ini. Topik yang disajikan tentulah harus menarik namun tetap ringan dan santai untuk membantu audiens memahami brand kamu. Mengingat kepopulerannya yang semakin meningkat, kamu bisa menggunakan podcast sebagai alat pemasaran bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar