Selasa, 26 April 2022

Cara Mendapatkan Feedback dari Customer

Di dalam dunia bisnis, customer memegang kunci paling penting yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis. Semakin banyak customer yang puas, maka akan semakin mudah juga dalam mengembangkan bisnis.

Oleh karena itulah, feedback dari customer sangatlah penting. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa saja yang dipikiran customer. Nah, berikut ini adalah cara efektif untuk mendapatkan feedback dari customer:

  • Survey
Cara ini adalah cara umum yang sering dilakukan. Buatlah agar daftar pertanyaan yang bisa memungkinkan Anda mendapatkan feedback yang valid dari pelanggan. Oleh sebab itu, pertanyaannya juga harus bersifat potensial dan mampu membuat pelanggan memberikan info sesuai yang Anda harapkan. Jadi, selain menyediakan jawaban berupa pilihan, sertakan pula pertanyaan yang memerlukan jawaban berupa essai.

  • Live Chat
Ketika ada pelanggan yang berkunjung di situs Anda, Anda bisa memulai obrolan melalui aplikasi live chat. Dari sini Anda bisa mendapatkan feedback secara langsung dan mengobrol panjang lebar dengan pelanggan jika memang diperlukan. Selain itu, cara ini juga bisa membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan dan dari sisi pelanggan, ia akan merasa bahwa ada orang di balik layar yang peduli akan feedback yang diberikannya.

  • Email
Saat pelanggan akan berlangganan pada layanan atau produk Anda, pastikan ia mengisi data diri salah satunya alamat email. Alamat email ini berguna untuk mendapatkan feedback dari mereka. Mengirimkan email secara berkala misalnya setiap dua bulan sekali untuk menanyakan apakah mereka puas dengan produk Anda, apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk meningkatkan layanan mutu, dan sebagainya. Jadi, email jangan hanya digunakan untuk memberi tahu mereka tentang produk baru, tapi juga untuk feedback.

  • Media Sosial
Selain situs, Anda juga perlu membuat akun media sosial untuk memasarkan produk Anda, bukan? Sebenarnya fungsi media sosial tak hanya terbatas untuk pemasaran online, tapi juga sebagai wadah bagi para pelanggan Anda untuk berbagi pengalaman mengenai produk dan layanan Anda. Di media sosial Anda bisa melihat komentar dari banyak pelanggan yang saling bersautan sehingga Anda bisa tahu apa pendapat pelanggan tantang produk Anda. Bagaimana produk Anda menguntungkan mereka atau malah merugikan. Oleh sebab itu, feedback yang Anda dapat cukup valid.

  • Kotak Komentar
Kotak komentar memungkinkan pelanggan untuk memberikan opininya kapan saja. Untuk cara ini, pastikan Anda memiliki menu kotak komentar yang terpasang di situs Anda. Kotak komentar ini juga harus mudah terlihat oleh pelanggan. Pasang kotak komentar di area yang strategis sehingga pelanggan bisa langsung mengetahuinya ketika ia menge-scroll tanpa harus menutupi pandangannya dari barang yang akan dibelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Apa dan ke mana Setelah Lulusan SMK?

  Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK? Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang untuk mempersiapkan lulusannya untuk siap beker...