Pengertian dan Karakteristik Peluang Bisnis
Pengertian peluang usaha sering kali merujuk pada proses pengidentifikasian, pengembangan, serta perencanaan usaha yang dapat menciptakan proses yang lebih baik dalam menjalankan aktivitas ekonomi sehingga dapat menciptakan usaha baru yang terbentuk dalam kondisi penuh ketidakpastian dan risiko. Misalnya saja peluang sebagai dropshipper, penulis artikel, blogger profesional, dan lain sebagainya.
Pengertian Peluang Bisnis
Secara sederhana, peluang bisnis adalah suatu kondisi dimana dapat memberikan kesempatan bagi seseorang terutama pebisnis untuk mencapai tujuannya. Tujuan bisnis tersebut dilakukan dengan usaha tertentu serta memakai sumber daya yang dimiliki secara efektif.
Sehingga, bisnis tersebut dapat berkembang, penjualan meningkat, reputasi semakin baik, dan pada akhirnya keuntungan pun akan meningkat. Sedangkan menurut Thomas W. Zimmer, peluang bisnis adalah seseorang yang menciptakan inovasi dan pemikiran kreatif dari sebuah kesempatan untuk dapat mencapai tujuannya.
Karakteristik Peluang Usaha
Peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seorang pengusaha untuk mencapai tujuan usahanya yaitu imbal hasil, dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimilikinya.
Secara garis besar, peluang usaha yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut:
- usaha yang dijalankan mampu mendatangkan imbal hasil, alias profitable.
- Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut tidak terlalu besar.
- Bukan merupakan jenis usaha musiman.
- Produk yang dihasilkan memiliki nilai jual.
- Dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan.
- Skala usaha dapat diperbesar.
- Bukan hanya ambisi pengusaha, namun sifatnya riil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar