Kamis, 17 Februari 2022

 Pengertian dan Prinsip Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah salah satu ilmu di dalam bidang manajemen yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dilakukan individu, organisasi, ataupun perusahaan.

Bila sebelumnya manajemen keuangan hanya berkutat pada penggunaan serta pengalokasian dana secara efisien, seiring dengan berjalannya waktu, manajemen keuangan juga mencakup kegiatan-kegiatan lainnya, seperti cara mendapatkan dana, penggunaan dana, dan pengelolaan aset (aktiva).

Setiap ahli punya definisi sendiri-sendiri mengenai pengertian manajemen keuangan.

Berikut ini adalah sejumlah definisi mengenai manajemen keuangan menurut para ahli.

  • “Manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aset dengan didasari beberapa tujuan umum.” Definisi ini disampaikan James C. Van Horne dan John M. Wachowicz, Jr. dalam buku Fundamentals of Financial Management.
  • “Manajemen keuangan adalah keseluruhan aktivitas yang bersangkutan dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menggunakan atau mengalokasikan dana tersebut.” Bambang Riyanto menuliskan definisi tersebut dalam buku Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.
  • “Manajemen keuangan adalah pengaturan kegiatan keuangan.” Pengertian tersebut disampaikan Suad Husnan dalam buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.
  • “Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang memiliki tujuan untuk digunakan secara bijaksana dan seleksi yang saksama dari sumber-sumber modal untuk memungkinkan adanya unit pengeluaran untuk dapat bergerak ke luar mencapai tujuan.” J.F. Bradley mengemukakan pandangannya tersebut dalam buku Administrative Financial Management.
Secara umum bisa ditarik kesimpulan bahwa pengertian manajemen keuangan adalah kegiatan-kegiatan perusahaan ataupun organisasi yang berkaitan dengan cara untuk memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan dana tersebut dengan efektif, serta mengelola aset-aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Prinsip Manajemen Keuangan


Terdapat juga beberapa prinsip manajer keuangan yang harus diterapkan di setiap perusahaan.

Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kewajiban moral dan hukum yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Sehingga dapat diketahui darimana dana diperoleh, dana dipakai untuk apa saja, serta bagaimana perusahaan memakai dana tersebut. Semua pihak dan aspek di perusahaan harus tahu bagaimana dana dan wewenang itu digunakan.

Konsistensi

Sistem keuangan perusahaan harus dilakukan secara konsisten, bukan berarti perusahaan tidak boleh mengganti sistem yang sudah berjalan. Tetapi dengan adanya pergantian tersebut menandakan adanya penggunaan dana yang tidak stabil

Kelangsungan Hidup

Manajer keuangan harus bisa merencanakan keuangan agar perusahaan bisa terus berjalan dan hidup. Manajer keuangan juga harus memunyai strategi keuangan yang tepat.

Transparansi

Perusahaan harus transparan dan terbuka terhadap keuangan perusahaan. Perusahaan harus menyediakan informasi tentang aktivitasnya dengan orang yang berkepentingan. Keuangan yang akurat, lengkap, dan rapi dapat diakses dnegan mudah oleh setiap manajer yang berkepentingan.

Standar Akuntansi

Sistem akuntasi yang berlaku di setiap perusahaan haruslah sama. Yang berrarti semua akuntan di seluruh dunia dapat paham dan mengerti tentang sistem akuntasi yang sama.

Integritas

Laporan dan catatan keuangan harus dijaga integritasnya dengan baik. Laporan keungn harus dibuat selengkap dan seakurat mungkin.

Pengelolaan

Perusahaan harus bisa mengelola keuangan perusahaan dengan tepat. Perusahaan harus bisa menjamin bahwa dana yang telah dianggarkan dapat digunakan sesuai dengan tujuan dan rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya.

Rabu, 16 Februari 2022

 Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan Secara Tepat

Manajemen keuangan umumnya berkaitan dengan pengadaan, alokasi dan pengendalian sumber daya keuangan yang menjadi perhatian. Tujuannya manajemen keuangan dilansir dari Management Study Guide, meliputi:

  • tujuan manajemen keuangan yaitu untuk memastikan pasokan dana yang teratur dan memadai untuk masalah tersebut.
  • tujuan manajemen keuangan yaitu untuk memastikan pengembalian yang memadai kepada pemegang saham yang akan bergantung pada kapasitas penghasilan, harga pasar saham, ekspektasi pemegang saham.
  • tujuan manajemen keuangan untuk memastikan pemanfaatan dana yang optimal. Setelah dana diperoleh, dana tersebut harus digunakan semaksimal mungkin dengan biaya paling rendah.
  • tujuan manajemen keuangan untuk memastikan keamanan investasi, yaitu dana harus diinvestasikan dalam usaha yang aman sehingga tingkat pengembalian yang memadai dapat dicapai.
  • tujuan manajemen keuangan yaitu untuk merencanakan struktur modal yang sehat dan harus ada komposisi modal yang sehat serta adil sehingga keseimbangan antara hutang dan modal ekuitas dapat terjaga.

Pengelolaan finansial memiliki andil penting dalam keberlangsungan segala hal khususnya perusahaan. Oleh sebab itu, masyarakat awam pun sudah semestinya dapat memahami langkah awal serta landasan dasar dari tujuan manajemen keuangan.


Contoh manajemen keuangan yang diterapkan dengan baik lainnya yaitu, memahami tujuan dasarnya untuk memberikan kesejahteraan jangka lama, memaksimalkan laba serta menghadirkan evaluasi sebagai sarana penambah wawasan.


Tidak hanya pada individunya ataupun sistematika dan program-program andalan bidang usaha tersebut, namun juga mempertimbangkan apakah anggaran sudah mencukupi, bagaimana kondisi aset perusahaan saat ini serta ketercapaian tujuan manajemen yang sesuai standar.


Sesuai standar yang dimaksud di atas yakni, bagaimana perusahaan tersebut dapat berjalan tanpa dibebani oleh kekacuan manajemen keuangan. Misalnya, sistematika strategi pemasaran harus memiliki kesesuaian dengan finansial kala itu.

Fungsi Manajemen Keuangan dengan Baik

Tidak hanya tujuan, manajemen keuangan dalam perusahaan juga memiliki fungsi penting. Nah, fungsi-fungsi inilah yang nantinya akan bantu manajer keuangan menjalankan tugasnya dengan benar. Berikut lima fungsi adanya manajemen keuangan di dalam perusahaan:

1. Planning

Planning atau perencanaan adalah fungsi pertama dari manajemen keuangan. Fungsi pertama ini mengatur beberapa hal di antaranya uang kas, merencanakan arus kas perusahaan, dan menghitung laba-rugi perusahaan.

Dengan adanya perencanaan, perusahaan juga bisa menyiapkan dana yang akan dialokasikan sesuai dengan perencanaan yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Otomatis tidak akan ada anggaran dana yang menyimpang atau tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Budgeting

Anggaran dana atau juga bisa disebut dengan budgeting adalah kegiatan penting yang harus dilakukan untuk keperluan perusahaan. Biasanya alokasi dana ini dilakukan seminimal mungkin dengan anggaran dana yang ada.

Segala keperluan perusahaan pasti sudah memiliki anggaran dana khusus. Budgeting juga bertujuan agar lebih mudah mengontrol aktivitas keuangan perusahaan. Singkatnya, budgeting ini adalah kegiatan memisahkan anggaran dana untuk masing-masing kebutuhan perusahaan.

3. Controlling

Pengontrolan atau evaluasi terhadap keuangan perusahaan adalah fungsi selanjutnya dalam manajemen keuangan. Kehadiran evaluasi dibutuhkan untuk memperbaiki sistem keuangan perusahaan.

Jika perusahaan tidak melakukan evaluasi terhadap sistem keuangan yang bermasalah, akibatnya kondisi keuangan perusahaan terus mengalami penurunan dan menyebabkan kerugian hingga kebangkrutan.

4. Auditing atau Pemeriksaan

Selain evaluasi, manajemen keuangan juga berfungsi untuk auditing atau pemeriksaan keuangan perusahaan agar tidak terjadi penyimpangan. Pemeriksaan keuangan ini harus sesuai dengan kaidah akuntansi.

Inilah kenapa memilih manajer keuangan haruslah tepat. Sebab, seluruh pekerjaan ini membutuhkan kemampuan akuntansi yang cukup baik. Semakin profesional seorang manajer keuangan, maka semakin minim kesalahannya. Selain jam terbang, kepribadian dari manajer keuangan juga harus dipertimbangkan.

5. Reporting

Fungsi yang terakhir adalah reporting atau laporan keuangan. Reporting dilakukan secara terbuka dan juga transparan. Nah, laporan keuangan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan.

Jika tidak ada laporan keuangan dalam perusahaan, maka ini bisa jadi celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan anggaran dana perusahaan nantinya. Oleh sebab itu, laporan keuangan adalah bagian penting dalam perusahaan yang harus dilakukan secara terbuka atau transparan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selasa, 15 Februari 2022

 Cara Memasarkan Produk Secara Online

Berikut ini adalah 8 strategi pemasaran produk secara online yang paling efektif dan apabila diterapkan dengan benar maka bisa membantu meningkatkan konversi.

1. Branding

Apa yang membuat Mac menjadi salah satu laptop dengan performa terbaik dan harga yang mahal? Tentunya karena, branding yang mereka lakukan sukses di pasaran.

Itu juga yang harus dilakukan oleh kita jika ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Pasalnya, branding menjadi salah satu strategi yang paling efektif di era digital seperti saat ini.

Beberapa teknik branding paling simpel adalah membuat desain logo yang menarik dan mudah diingat.

Selain itu, dengan membuat tagline yang kreatif dan konten yang menarik tentunya juga akan membantu meningkatkan brand awareness.

2. SEO atau Search Engine Optimization

SEO adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif saat ini.

Tidak hanya bermanfaat untuk bisnis yang sudah terkenal saja, SEO juga efektif untuk usaha kecil menengah.

Jika ingin memanfaatkan strategi yang satu ini maka sebaiknya persiapkan dahulu website untuk menjalankan bisnis.

Pasalnya, SEO bisa membantu meningkatkan pengunjung website yang kita miliki.

Selain itu, menurut Webfx SEO juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kredibilitas brand di mata audiens.

Sampai saat ini SEO tetap dimanfaatkan oleh marketer untuk meningkatkan pemasaran karena masih banyak orang yang mencari suatu produk lewat mesin pencarian.

3. SEM atau Search Engine Marketing

SEM adalah salah satu alternatif terbaik untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran online.

Strategi pemasaran yang satu ini cukup mirip dengan SEO karena mengandalkan mesin pencarian seperti Google.

Hanya saja, perbedaannya pada budget yang dikeluarkan. Pasalnya, SEM berbayar sedangkan SEO gratis.

Tapi, berkat berbayar tersebutlah, website dan bisnis kita dapat dengan mudah muncul di halaman pertama Google tanpa perlu repot melakukan optimasi website.

Biasanya, website yang menerapkan strategi pemasaran SEM akan muncul dengan logo “Ad” atau “Iklan”.

4. Google Bisnisku

Dengan menggunakan Google Bisnisku, maka kita dapat mencantumkan alamat bisnis ke dalam Google Maps dan bisa muncul di mesin pencarian Google.

Selain itu, Google Bisnisku juga dapat menampilkan review yang diberikan oleh pengguna yang pernah menggunakan atau membeli produk kita.

Semakin bagus reviewtersebut tentunya bisa membuat audiens lebih percaya dengan produk atau layanan yang kita tawarkan.

5. Email marketing

Email marketing juga menjadi salah satu strategi pemasaran produk online yang paling efektif karena beberapa alasan berikut:

  • 1. Lebih terukur siapa yang akan menerima email
  • 2. Lebih pribadi karena menghubungi langsung calon konsumen
  • 3. Biaya yang tidak terlalu mahal
  • 5. 35% orang di dunia memiliki email

Jika ingin menerapkannya, tools untuk email marketing yang paling terkenal adalah MailChimp. Akan tetapi, tools tersebut hanya terbatas pada 2000 pengiriman email setiap bulan.

Saat menerapakan email marketing, sebelumnya kita harus menyiapkan database calon konsumen yang akan ditargetkan terlebih dahulu.

Jadi, dimana kita bisa mendapatkan database untuk email marketing? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan e-book gratis yang bermanfaat kepada audiens.

Namun, sebelum bisa men-download-nya, mereka diharuskan mencantumkan email terlebih dahulu agar bisa disimpan dalam database.

6. CRM atau Customer Relationship Management

Sebenarnya hal yang satu ini berfokus pada bagaimana cara menjalin hubungan baik dengan konsumen yang pernah menggunakan produk atau jasa kita.

Jadi, saat bisnis mampu memberikan layanan yang bagus tentunya brand bisa memiliki reputasi yang baik. Calon audiens pun akhirnya bisa penasaran dan tertarik untuk mencoba menggunakannya.

7. Influencer marketing

Ingin hasil yang lebih instan dan cepat dalam memasarkan produk? Kamu bisa mencoba menggunakan strategi pemasaran influencer marketing.

Influencer marketing sangat efektif karena orang akan lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer favorit mereka daripada hanya sekadar melihat iklan saja.

Beberapa kelebihan dari strategi pemasaran yang satu ini misalnya meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak target audiens, hingga meningkatkan kredibilitas brand.

Meski begitu, dalam menerapkan strategi ini diperlukan perhitungan yang tepat. Selain dari penghitungan budget, proses pemilihan influencer juga harus diperhatikan.

8. Content marketing

Strategi pemasaran online yang terakhir dalam daftar ini adalah content marketing.

Sesuai dengan namanya, content marketing adalah strategi yang berfokus pada konten. Baik itu berupa konten untuk blog, Instagram, podcast, dan masih banyak lainnya.

Menurut Niel Patel, content marketing bertujuan untuk membangun ikatan yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, konten haruslah relevan dengan audiens agar bisa tercipta perasaan emosional antara audiens dengan brand.

Senin, 14 Februari 2022

Berikut Tujuan, Teknik, dan Jenis Komunikasi Bisnis

Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara umum, ada empat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yaitu; yaitu memberi informasi (informing), melakukan persuasi (persuading),  melakukan kolaborasi (collaborating), dan melakukan integrasi (intgrative) dengan audiens.

Memberi Informasi (informing)

Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.

Sebagai contoh, seorang pimpinan suatu perusahaan membutuhkan beberapa pegawai baru yang akan ditempatkan sebagai staf administrasi di kantor-kantor cabang yang ada. Untuk memperoleh pegawai yang diharapkan, ia dapat memasang iklan lowongan kerja melalui media surat kabar, majalah, radio, dan internet.

Masing-masing media informasi tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Jadi tergantung manajer untuk memilih media mana yang akan dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan internal yang dimiliki oleh perusahaan.

Melakukan Persuasi (persuading)

kedua dari sebuah komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar. Hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan negoisasi antara seseorang dengan orang laian dalam bisnis.

Untuk dapat memperoleh hasil yang optimal dalam bernegosiasi, setiap pihak perlu memahami prinsip win-win solution.

Melakukan Kolaborasi (collaborating) 

Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis antara seseorang dengan orang lain. Melalui jalinan komunikasi bisnis, seseorang dapat dengan mudah melakukan kerjasama bisnis baik antara perusahaan dosmetik maupun dengan perusahaan asing.

Saat ini kerjasama antar perusahaan di berbagai belahan dunia relatif mudah dilakukan seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dewasa ini. Seseorang dapat menggunakan beberapa media telekomunikasi yang ada seperti telepon biasa, faksmili, telepon genggam, internet, email dan telekomferensi. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam memperat kerjasama dalam dunia bisnis.

Teknik dalam Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis, terdapat 3 teknik utama dalam komunikasi bisnis. Perpaduan dari ketiga teknik tersebut akan membuat setiap orang dapat menangkap dan memahami pesan yang kamu sampaikan dengan jelas. berikut ini tiga tipe teknik komunikasi :

Teknik komunikasi verbal

Teknik ini digunakan untuk mendiskusikan sebuah gagasan atau ide, mengekspresikan opini, menjawab pesanan dan pendengar yang baik. Komunikasi verbal yang efektif yaitu tentang pesan yang disampaikan dapat diterima dan berani untuk mendapat sanggahan atau tanggapan terhadap pesan yang telah disampaikan.

Sehingga, hal ini sangat penting untuk mengolah nada suara dan ekspresi wajah ketika menyampaikan pesan secara tatap muka(face to face) atau melalui telephone yang hanya mengolah nada suara.

Berikut ini beberapa kegiatan  yang membutuhkan komunikasi secara verbal:

  1. Rapat
  2. Telepon resmi
  3. Meeting proyek
  4. Presentasi

Teknik Komunikasi non-verbal

Menurut data laporan psikologi komunikasi bahwa lebih dari 90% pesan disampaikan melalui komunikasi non-verbal, yaitu 55% bahasa tubuh, 38% nada bicara, dan 7% adalah kata yang disampaikan, data ini menunjukkan bahwa bahasa tubuh adalah hal penting ketika berinteraksi dengan rekan bisnis.

Berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh termasuk gerakan, gestur, dan postur, dan kontak mata merupakan hal penting dalam aspek komunikasi non-verbal. Kontak mata menunjukkan apakah kamu tertarik dengan apa yang di bicarakan dan di dengarkan, tetap menjaga durasi selama kontak mata, karena jika terlalu lama bisa menimbulkan arti agresivitas.

Sedangkan jika terlalu sebentar bisa menimbulkan arti kalau pembicaraan yang sedang terjadi kurang menarik. Dan masih banyak lagi komunikasi non-verbal dari gestur tubuh lainnya.

Komunikasi tertulis

Email adalah salah satu contoh komunikasi tertulis paling mudah ditemui dalam komunikasi tertulis. Kebanyakan perusahaan menggunakan email atau media pesan elektronik lainnya untuk berkomunikasi dengan timnya.

Meskipun email tampil lebih santai daripada surat biasa, email masih memiliki bobot yang sama tergantung bagaimana kamu menyampaikannya dan perusahaanmu rasakan.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika berkomunikasi secara tertulis :

  • Audience

Pikirkan tentang target audience yang akan membaca emailmu sebelum kamu kirim. Mengetahui audience akan membantumu untuk menambah nada pesanmu agar pesanmu lebih efektif.

  • Formalitas

Tingkat formalitas harus mengikuti sesuai dengan tingkat audience kamu, misalnya surat bisnis maka harus ditulis secara formal daripada email dengan teman atau keluarga. Kamu juga harus mempertimbangkan pemformatan dalam menulis email, karena hal tersebut menentukan jenis formalitasnya.

  • Gaya

Jenis gaya yang kamu gunakan dalam komunikasi tertulis tergantung keinginan yang kamu gunakan. Misalnya, email harus sesingkat mungkin.

Jenis Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis juga terdapat jenis – jenis komunikasi. Untuk memperlancar komunikasi dalam suatu bisnis maka karyawan maupun staf lainnya harus memahami setiap jenis komunikasi ini

Terdapat lima jenis komunikasi bisnia yang tentu sangat penting untuk dipelajari. Agar lebih memahami setiap jenis komunikasi tersebut maka akan dibahas contoh dari masing  – masing komunikasi tersebut.

Komunikasi Internal

Komunikasi internal ini merupakan salah satu komunikasi bisnis yang bersifat internal. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa komunikasi ini terjadi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Jadi, yang terlibat dari komunikasi ini hanyalah anggota dari organisasi atau perusahaan tersebut.

Dalam komunikasi ini dapat saling bertukar gagasan melalui tatap muka langsung, telepon, maupun email atau fax. Namun, di era teknologi yang semakin canggih ini sudah banyak media sosial yang memudahkan dalam berkomunikasi.

Contoh dari komunikasi internal ini, yaitu komunikasi antar sesama karyawan atau atasan dan lainnya. Dalam komunikasi ini tidak memperhatikan tingkatan. Jadi komunikasi internal ini dapat dilakukan oleh siapapun asalkan masih dalam satu organisasi atau perusahaan.

Komunikasi Vertikal

Dalam komunikasi vertikal ini biasanya dilakukan antar tingkatan. Jadi, jika dalam perusahaan terdapat tingkatan jabatan atau posisi. Komunikasi vertikal ini harus terjadi timbal balik dari komunikasi yang telah dilakukan.

Dalam komunikasi ini, contohnya komunikasi yang dilakukan antar direksi tanpa melibatkan bawahan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa dalam komunikasi ini harus terdapat timbal balik atau komunikasi dua arah.

Komunikasi dari atasan pada bawahan

Jenis komunikasi ini juga termasuk komunikasi internal. Akan tetapi juga memperhatikan tingkatan atau jabatan pada sebuah organisasi tersebut. Komunikasi ini merupakan salah satu jenis komunikasi bisnis yang sangat penting. Dimana komunikasi ini dilakukan oleh seorang pimpinan kepada karyawannya. Bentuk komunikasi ini biasanya dilakukan secara umum.

Komunikasi dari bawahan ke atasan

Jenis komunikasi bisnis ini bisa dianggap tidak sepenting komunikasi atasan pada bawahan. Bisa diartikan, komunikasi ini merupakan kebalikan dari komunikasi dari atas ke bawah. Dalam komunikasi ini contohnya memberikan laporan rutin dari karyawan kepada atasan atau pimpinannya.

Komunikasi Horizontal

Komunikasi horizontal ini dilakukan pada tingkatan atau jabatan yang sama. Komunikasi ini biasanya bersifat lebih santai atau nonformal. Komunikasi ini tidak perlu memperhatikan kaidah dan bisa dilakukan dalam bahasa sehari- hari.

Jenis komunikasi ini contohnya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh sesama karyawan. Bentuk komunikasi ini biasanya tidak begitu serius. Bahkan dapat diselipkan gurauan atau candaan. Pada dasarnya komunikasi ini dilakukan pada tingkatan yang sama. Sehingga hal ini memuncukan obrolan yang sederhana.

Sabtu, 12 Februari 2022

Pengertian, Fungsi dan Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi adalah salah satu alat bagi seseorang untuk bertukar pikiran maupun informasi. Dengan kata lain, komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis.

Komunikasi bisnis sangat penting bagi seorang pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dan tanggung jawabnya. Hal ini karena komunikasi bisnis akan menjadi alat dan proses yang tepat untuk mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah serius bagi bisnis, baik bagi karyawan, rekan kerja, pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya komunikasi yang baik, segala urusan akan menjadi lebih mudah, termasuk urusan bisnis. Itulah sebabnya dikenal ada istilah komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis adalah garis penting dalam perusahaan.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Secara umum, komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.

Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, atau pendapat yang disebarkan secara personal maupun impersonal melalui lambang atau sinyal. Menurut Rosenbalt komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Oleh karena itu, komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan antar individu atau kelompok melalui media tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. 

Fungsi Komunikasi Bisnis

Secara umum, terdapat empat fungsi komunikasi bisnis, yaitu:

A. Memberikan Informasi (Informing)

Dalam komunikasi bisnis, terjadi pertukaran informasi antara satu orang dengan yang lainnya. Oleh karena itu komunikasi berfungsi untuk memberikan informasi (informing) yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.

Misalnya, sebuah perusahaan memasang iklan lowongan kerja untuk memperoleh karyawan baru. Hal itu dilakukan untuk menginformasikan (informing) kepada semua orang bahwa perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan.

B. Melakukan Persuasi (Persuading)

Tujuan berikutnya adalah untuk memberikan persuasi, yaitu menyampaikan pesan dengan mempengaruhi seseorang (persuading) untuk setuju dengan pilihan yang ditawarkan. Kegiatan persuasi biasa dilakukan ketika meminta konfirmasi pelanggan atau bernegosiasi dengan pelanggan.

C. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis (collaborating) antara seseorang dengan orang lain merupakan salah satu fungsi dari komunikasi bisnis. Dengan adanya komunikasi bisnis, seseorang akan dengan mudah melakukan kerjasama bisnis antar perusahaan baik dalam skala domestik maupun internasional.

Tidak hanya itu, komunikasi bisnis dalam collaborating dapat melalui media ataupun komunikasi langsung. Misalnya, penggunaan teknologi seperti telepon biasa, faksimili, telepon genggam, internet, email dan telekonferensi.

Unsur Komunikasi Bisnis

Setelah mengetahui beberapa fungsinya, berikut beberapa unsur yang terkandung dalam komunikasi bisnis.

A. Who

Dalam hal ini, who berarti komunikator atau sumber yang terdapat di komunikasi bisnis. Sumber tersebut merupakan pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai sesuatu komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara.

B. What

What merupakan topik dari komunikasi bisnis yang sedang didiskusikan. Unsur ini berupa isi pesan yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada semua atau lawan bicara komunikator.

C. In Which Channel

Unsur yang satu ini merupakan media atau alat yang digunakan dalam melakukan komunikasi bisnis. Unsur ini dapat berupa komunikasi langsung ataupun menggunakan media seperti koran, telepon, dll.

D. To Whom

To whom Dalam komunikasi bisnis berarti seorang lawan bicara ataupun audiens yang dapat mendengarkan seorang komunikator menyampaikan pesan dan informasinya.

E. With What Effect

To whom Dalam komunikasi bisnis berarti seorang lawan bicara ataupun audiens yang dapat mendengarkan seorang komunikator menyampaikan pesan dan informasinya.

With what effect merupakan dampak yang terjadi pada lawan bicara setelah menerima pesan dari komunikator, misalnya perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dan lain sebagainya.

Jumat, 11 Februari 2022

Perbedaan Brand dan Branding Yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Brand


Dalam sebuah bisnis, brand bisa diibaratkan sebagai sebuah nyawa. Tanpa brand, bisnis tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Secara definisi brand adalah identitas, logo, nama dari sebuah perusahaan untuk membedakan mereka dengan produk yang lain.

Dalam definisi sederhana, brand bisa dikatakan sebagai wajah dari sebuah perusahaan.

Jika brand-nya jelek, otomatis pelanggan tidak akan melirik perusahaan yang bersangkutan.

Maka dari itu, hampir semua perusahaan mati-matian untuk berjuang agar brand-nya dikenal baik oleh pelanggan, entah itu memasang iklan, bekerja sama dengan influencer, atau melakukan branding secara mandiri.

Pengertian Branding


Dari penjelasan di atas, kita sudah paham bahwa brand adalah sebuah identitas, baik itu dari logo, nama atau hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Nah, sebelum memahami perbedaan brand dengan branding, mari kita bahas sekilas pengertian dari branding itu sendiri.

Branding adalah tindakan atau aktivitas menciptakan sebuah brand.

Setiap perusahaan mempunyai strateginya tersendiri dalam melakukan hal tersebut.

Sebagai contoh, ada yang menggunakan media sosial seperti Instagram untuk membangun branding di sana sehingga tercipta brand awareness.

Ada juga perusahaan yang membangun branding dengan memasang iklan di billboard atau bahkan melalui iklan online.

Ketika proses tersebut berhasil, akan banyak sekali pelanggan yang mengenal perusahaan tersebut dan tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan, seperti membeli produk atau layanan.

Nah, dari sini bisa dibilang bahwa branding merupakan kunci sukses bagi perusahaan dalam hal berbisnis.

Tanpa strategi branding yang tepat, pelanggan tidak akan pernah tahu bahwa ada produk atau layanan yang telah diciptakan oleh perusahaan.

Perbedaan Brand dan Branding

Nah, kini kita sudah memahami pengertian dari masing-masing. Lantas, kira-kira di mana letak perbedaan antara brand dan branding?

Mungkin, sebagian dari kamu sudah bisa menebaknya. Secara garis besar, brand bukanlah branding.

Pasalnya, masih banyak yang menganggap bahwa brand sama saja dengan branding.

Brand pada dasarnya adalah alat pemasaran. Sementara branding merupakan aktivitas atau tindakan pemasaran.

Selain alat pemasaran dan tindakannya, brand dan branding juga bisa diibaratkan sebagai aset dan investasi.

Brand adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. 

Mengapa demikian? Sebab, dari brand yang besar kamu dapat meraup pelanggan yang besar.

Di sisi lain, jika kamu ingin menjual brand-mu kepada perusahaan lain, itu akan menjadi nilai yang tinggi.

Sementara itu, branding lebih mengarah kepada investasi. Kamu bisa saja terus melakukan branding dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Kamis, 10 Februari 2022

Jenis-jenis Webstie dan Cara Membuatnya

Berikut Jenis-jenis Website


Secara umum, ada dua jenis website berdasarkan sifatnya, yaitu website statis dan website dinamis. 

Jika informasinya tetap atau tidak berubah disebut website statis. Sebaliknya, jika informasi dalam website selalu berubah-ubah disebut website dinamis.

Namun, jika dilihat dari tujuan penggunaannya, website terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu:

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang dimiliki oleh individu, yang biasanya digunakan untuk tujuan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi.

Misalnya, Anda dapat menunjukkan berbagai karya atau pengetahuan Anda melalui sebuah website protofolio.

2. Website Toko Online/E-commerce

Jenis website ini digunakan sebagai toko di ranah online. Penggunaan website toko online sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas.

Website toko online memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja. Diantaranya ada fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan lainnya.

Website toko online juga bisa Anda desain dengan layout sesuai kebutuhan menggunakan warna khas bisnis, logo, dan sebagainya.

3. Website Company Profile

Website company profile adalah jenis website yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yang ingin mencari informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber utamanya

Tak hanya itu, website company profile juga penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Website ini akan menampilkan profil dan berbagai informasi seputar perusahaan.

Contohnya, website company profile milik Unilever yang berisi profil, jajaran pimpinan perusahaan, berita, karir, hingga informasi investor.

Di dalam website company profile, sebuah perusahaan juga bisa menunjukkan campaign yang sedang dijalankan. Contohnya, Unilever yang mengangkat isu lingkungan dan kepedulian terhadap sustainability.

4. Website Komunitas

Website komunitas atau website forum adalah jenis website yang dapat menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. 

Website ini biasanya memiliki fasilitas seperti, pengguna dapat membuat thread atau konten dalam berbagai topik, lalu orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, dan sebagainya. 

Seperti namanya, website gallery adalah jenis website yang menampilkan konten visual seperti foto dan video. 

Biasanya, website gallery menyediakan stok foto dalam jumlah dan dengan kualitas tinggi. Foto tersebut bisa Anda dapatkan baik secara gratis maupun dengan membeli lisensi dan dapat digunakan sebagai pendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya. 

6. Website Berita

Website berita adalah jenis website yang bertujuan menyebarkan berita terupdate. Website jenis ini semakin populer karena saat ini ranah berita offline sudah mulai ditinggalkan. 

Selayaknya koran, website portal berita berisi informasi terkini dalam berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu. 

7. Blog

Terakhir, terdapat jenis website yang dapat memuat banyak konten artikel yang disebut blog. Blog biasanya membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya. 

Cara Membuat Website

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai halaman web, sudah saatnya masuk ke dalam pembahasan mengenai bagaimana cara membuat website yang mudah untuk pemula. Berikut merupakan beberapa penjelasannya.

1. Memilih CMS atau platform yang tepat

Banyak cara untuk membuat sebuah website dengan mudah tanpa harus mengenal bahasa pemrograman secara menyeluruh. Anda dapat memanfaatkan fitur CMS atau Content Management System yang dapat membuat website secara cepat dan efektif. 

CMS yang populer saat ini, diantaranya adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Setiap jenis CMS memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhan proyek anda. Namun, kami merekomendasikan untuk menggunakan WordPress yang lebih simple dan sangat cocok untuk membuat tampilan website dalam bentuk blog atau website company profile.

2. Menentukan nama domain dan hosting terpercaya

Setelah memilih CMS, selanjutnya anda dapat menentukan nama domain dan membeli paket hosting sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnis anda. Nama hosting yang akan anda buat, pastikan untuk menyesuaikan dengan konten yang akan dikembangkan.

3. Melakukan proses instalasi dan konfigurasi website 

Langkah terakhir setelah membeli paket hosting, selanjutnya melakukan instalasi paket CMS dan mulai untuk membuat tampilan halaman utama web. Jika anda mengalami kesulitan dalam tahap pengembangan situs, anda dapat mencari berbagai tutorial, ataupun mengikuti beberapa forum untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menggunakan CMS dari beberapa expert dan programmer.

Mau Apa dan ke mana Setelah Lulusan SMK?

  Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK? Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang untuk mempersiapkan lulusannya untuk siap beker...