Pengertian, Fungsi dan Unsur Komunikasi Bisnis
Komunikasi adalah salah satu alat bagi seseorang untuk bertukar pikiran maupun informasi. Dengan kata lain, komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis.
Komunikasi bisnis sangat penting bagi seorang pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dan tanggung jawabnya. Hal ini karena komunikasi bisnis akan menjadi alat dan proses yang tepat untuk mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah serius bagi bisnis, baik bagi karyawan, rekan kerja, pelanggan, dan lain sebagainya.
Dengan adanya komunikasi yang baik, segala urusan akan menjadi lebih mudah, termasuk urusan bisnis. Itulah sebabnya dikenal ada istilah komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis adalah garis penting dalam perusahaan.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Secara umum, komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.
Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, atau pendapat yang disebarkan secara personal maupun impersonal melalui lambang atau sinyal. Menurut Rosenbalt komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Oleh karena itu, komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan antar individu atau kelompok melalui media tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Fungsi Komunikasi Bisnis
Secara umum, terdapat empat fungsi komunikasi bisnis, yaitu:
A. Memberikan Informasi (Informing)
Dalam komunikasi bisnis, terjadi pertukaran informasi antara satu orang dengan yang lainnya. Oleh karena itu komunikasi berfungsi untuk memberikan informasi (informing) yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.
Misalnya, sebuah perusahaan memasang iklan lowongan kerja untuk memperoleh karyawan baru. Hal itu dilakukan untuk menginformasikan (informing) kepada semua orang bahwa perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan.
B. Melakukan Persuasi (Persuading)
Tujuan berikutnya adalah untuk memberikan persuasi, yaitu menyampaikan pesan dengan mempengaruhi seseorang (persuading) untuk setuju dengan pilihan yang ditawarkan. Kegiatan persuasi biasa dilakukan ketika meminta konfirmasi pelanggan atau bernegosiasi dengan pelanggan.
C. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)
Melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis (collaborating) antara seseorang dengan orang lain merupakan salah satu fungsi dari komunikasi bisnis. Dengan adanya komunikasi bisnis, seseorang akan dengan mudah melakukan kerjasama bisnis antar perusahaan baik dalam skala domestik maupun internasional.
Tidak hanya itu, komunikasi bisnis dalam collaborating dapat melalui media ataupun komunikasi langsung. Misalnya, penggunaan teknologi seperti telepon biasa, faksimili, telepon genggam, internet, email dan telekonferensi.
Unsur Komunikasi Bisnis
Setelah mengetahui beberapa fungsinya, berikut beberapa unsur yang terkandung dalam komunikasi bisnis.
A. Who
Dalam hal ini, who berarti komunikator atau sumber yang terdapat di komunikasi bisnis. Sumber tersebut merupakan pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai sesuatu komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara.
B. What
What merupakan topik dari komunikasi bisnis yang sedang didiskusikan. Unsur ini berupa isi pesan yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada semua atau lawan bicara komunikator.
C. In Which Channel
Unsur yang satu ini merupakan media atau alat yang digunakan dalam melakukan komunikasi bisnis. Unsur ini dapat berupa komunikasi langsung ataupun menggunakan media seperti koran, telepon, dll.
D. To Whom
To whom Dalam komunikasi bisnis berarti seorang lawan bicara ataupun audiens yang dapat mendengarkan seorang komunikator menyampaikan pesan dan informasinya.
E. With What Effect
To whom Dalam komunikasi bisnis berarti seorang lawan bicara ataupun audiens yang dapat mendengarkan seorang komunikator menyampaikan pesan dan informasinya.
With what effect merupakan dampak yang terjadi pada lawan bicara setelah menerima pesan dari komunikator, misalnya perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar