Sabtu, 16 April 2022

Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing

Tertarik untuk terjun langsung dalam dunia content marketing?

Nah, ada baiknya kamu mengasah kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan seorang content marketer yang dijabarkan di bawah ini:

1. Memahami Prinsip SEO

Salah satu skill utama untuk berkarir di dunia digital marketing adalah dengan mengetahui prinsip dasar dari Search Engine Optimization atau SEO. Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimasi posisi website yang kita miliki pada mesin pencarian.

Sebagai permulaan, kamu harus mengetahui bagaimana fungsi keyword atau kata kerja dalam meningkatkan traffic pada sebuah website. Oleh karena itu, kamu harus mencari keyword dengan search volume yang tinggi. Ada banyak website yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tahap keyword research, seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, KWFinder by Mangools dan masih banyak lainnya.

2. Kemampuan Menulis

Hal yang juga tidak kalah penting dalam memulai karir di dunia digital marketing adalah kemampuan menulis dan bercerita, atau dalam bahasa kerennya: copywriting dan storytelling. 

Semakin berkualitas sebuah konten dan semakin menarik cara penyampaiannya, tentu akan menarik sejumlah pembaca yang sedang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak bisa muncul begitu saja. 

Oleh karenanya, kamu harus memulainya sedini mungkin. Selain membiasakan diri membaca, beberapa caranya adalah dengan membuat sebuah blog pribadi dan menulis cerita atau ide yang kamu punya. Mengirimkan tulisan ke media juga bisa membantu kamu mempertajam skill yang penting ini.

3. Analisis Data dengan Google Analytics

Skill yang juga tidak bisa dilepaskan dari dunia digital marketing adalah kemampuan menganalisis data atau data analytics. Kemampuan ini penting kamu miliki, mengingat data yang tersedia ketika kamu bekerja sebagai digital marketer akan sangat melimpah. Adapun tool yang umum digunakan dalam digital marketing adalah Google Analytics.

Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas dari sebuah website. Dengan Google Analytics, kamu bisa mengetahui data terkait session duration, pages per session hingga bounce rate dan lainnya. Dari data yang disediakan, kamu juga bisa mengetahui behaviour atau kebiasaan pengunjung website sehingga kamu bisa mengatur strategi untuk meningkatkan conversion pada website kamu.

4. Menguasai Media Sosial

Dalam digital marketing, website bukan satu-satunya media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kegiatan promosi melalui media sosial (medsos) juga menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Medsos digunakan mulai dari membangun awareness terhadap produk yang kita pasarkan, hingga menggaet calon pembeli ke halaman transaksi produk kita.

Kamu bisa menggunakan berbagai platform medsos seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk menawarkan produk kamu kepada para pengguna. Apalagi, platform tersebut telah menyediakan fasilitas berupa akun bisnis dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki akun biasa. Kamu juga bisa mengatur target audience untuk menyesuaikan profil pengguna medsos dengan produk yang kamu tawarkan.

5. Pembelajar Cepat

Perkembangan dan dinamika dalam digital marketing berlangsung sangat cepat. Ini terjadi salah satunya karena berbagai tool, platform dan media yang digunakan dalam aktivitas digital marketing mengalami peningkatan dan perubahan dalam waktu yang cepat. Berbagai tool dan platform tersebut juga terus bertambah setiap harinya.

Oleh karena itu, seorang digital marketer harus menjadi seorang pembelajar cepat. Kemampuan adaptasi sangat dibutuhkan agar kamu bisa mengetahui bukan hanya perubahan tool dan platform, tetapi juga perubahan perilaku konsumen. Kamu juga harus terus menambah skill kamu untuk meningkatkan kualitas sebagai seorang digital marketer yang handal.

Kamis, 14 April 2022

 Bentuk-Bentuk Content Marketing

Terdapat ragam bentuk dari konten marketing, tapi yang umum digunakan biasanya berupa:

  1. Blog

Bisa dibilang bentuk ini yang paling fundamental dari strategi content marketingBlog merupakan tempat yang pas untuk membagi informasi dan ide secara lengkap melalui blog post. Belum lagi konten blog juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang mengingat tingkat ketahanannya yang paling tinggi dibandingkan bentuk konten yang lain.

  1. eBook

Bentuk ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin membagi informasi lebih detail dan mendalam dari sekedar blog post. Bahkan, eBook bisa dijadikan media untuk menarik perhatian target konsumen.

Tawarkan bahwa mereka bisa mendapatkan eBook tersebut secara cuma-cuma  hanya dengan memasukan email mereka. Email tersebut nantinya akan menjadikan mereka sebagai leads yang kemudian bisa kamu konversi sebagai pelanggan.

  1. Video

Dari tahun ke tahun, konten video banyak digandrungi masyarakat. Tidak heran bentuk konten marketing ini menjadi salah satu yang paling populer. Konten berbentuk video berpotensi untuk membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di situs kamu.

Semakin lama waktu yang mereka habiskan di situsmu, semakin bagus juga penilaian versi Google. Selain itu, menurut penelitian iMPACT, video juga dapat meningkatkan trafik organik sebanyak 157%.

  1. Email

Termasuk bentuk konten marketing yang populer, email memiliki kemampuan pemasaran 40 kali lebih efektif dibanding media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dalam strategi content marketing, email bisa dimanfaatkan sebagai media promosi, pengingat shopping cart, berbagi newsletter, dll.

  1. Media Sosial

Dalam digital marketing terdapat istilah social media marketing atau strategi pemasaran melalui media sosial. Tetapi, media sosial juga termasuk dalam konten marketing khususnya untuk tempat publikasi konten yang berisi informasi, promosi, maupun meningkatkan engagement.

  1. Infografik

Penyajian data, informasi, dan pengetahuan lainnya akan lebih mudah dipahami oleh audiens dan pelanggan dengan menggunakan infografik. Sesuai namanya, bentuk konten marketing ini berupa grafik atau diagram yang disusun sedemikian rupa dengan tambahan visual menarik untuk membantu target audiens dan pelanggan memahami apa yang kamu sampaikan.

  1. Podcast

Bentuk konten marketing berupa rekaman suara yang mulai populer tahun ini. Topik yang disajikan tentulah harus menarik namun tetap ringan dan santai untuk membantu audiens memahami brand kamu. Mengingat kepopulerannya yang semakin meningkat, kamu bisa menggunakan podcast sebagai alat pemasaran bisnis.

Rabu, 13 April 2022

Manfaat dan Keuntungan Mengikuti Pameran dan Bazaar Produk

Menurut Small Bussiness Admisnistration (SBA) Amerika Serikat, ada beberapa manfaat Anda mengikuti pameran dan bazaar sebagai pemilik usaha, antara lain:

  1. Mendapatkan Calon Pembeli (Sales Leads)

Melalui pameran dan bazaar ini, Anda (pemilik usaha) bisa mengenalkan produk Anda kepada pengunjung pameran dan bazaar. Meski pameran dan bazaar hanya berlangsung beberapa hari saja, peluang melebarkan sayap bisnis terbuka lebar. Kemungkinan tindak lanjut seperti pertambahan jumlah pelanggan baru serta order yang otomatis bertambah amat mungkin terjadi.

  1. Menghasilkan Transaksi Selama Pameran dan bazaar

Selama pameran dan bazaar berlangsung, Anda bisa mengoptimalkan jumlah transaksi penjualan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberikan diskon, kupon hadiah, hingga bonus menarik lainnya. Jangan lupa, buat stan agar menarik minat pengunjung. Kebersihan dan kerapian juga harus selalu dijaga.

  1. Meningkatkan Image dan Visibilitas

Namanya juga pameran dan bazaar pameran, ajang memamerkan produk usaha Anda. Di ajang ini, produk Anda dilihat oleh ribuan pasang mata pengunjung pameran tersebut. Ini kesempatan emas untuk mem-branding image produk usaha Anda. Dengan begitu, awareness di benak pengunjung akan mudah tertanam. Visual adalah aspek penting untuk diperhatikan.

  1. Membidik Audiens Spesifik

Jika Anda punya segmentasi pasar yang khusus, mengikuti pameran dan bazaar adalah cara terbaik untuk menjaring pasar Anda. Memang, banyak konsumen yang datang sekadar melihat-lihat. Tapi, pasti ada ratusan konsumen yang datang untuk tujuan khusus, yaitu memburu produk Anda.

  1. Memperbaiki Efektifitas dan Efisiensi Berbagai Upaya Marketing

Saat sedang mengikuti pameran, Anda ibarat menebar jala di laut. Siapa yang datang ke stand Anda adalah ikan yang terjaring. Ini juga sekaligus survey langsung sejauh mana efeketifitas dan efisiensi strategi marketing bisnis Anda selama ini. Jika sudah ketemu bagian mana yang perlu diperbaiki, segera berinovasi dengan strategi yang baru.

Selasa, 12 April 2022

 Manfaat Melakukan Wirausaha Sejak Dini

Berwirausaha dapat menjadikan seseorang lebih mandiri apabila dilatih sejak dini maka jiwa untuk berusahanya akan muncul. Oleh karena itu banyak kita lihat sekarang banyak pengusaha pengusaha muda yang mampu menjadi sukses karena ia berlatih sejak usia dini dan kedepannya dia sudah berani membuka usaha sendiri meskipun memiliki modal yang pas pasan.

Pemuda harus diajarkan menjadi mandiri apalagi kita lihat peluang berwirausaha sangat  besar di era kemajuan jaman ini, apalagi menjual suatu produk sekarang sangat mudah dan modal membuka toko sudah bukan halangan lagi karena kita bisa menjual barang secara online melalui jaringan internet yang tersebar luas. Keberanian dan niat yang kuat juga dibutuhkan untuk berani berwirausaha dan jika berhasil kita sudah berhasil menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif dalam mencari kebutuhan hidup sendiri apalagi seorang anak muda yang kadang masih tergantung dengan penghasilan orang tuanya.

Bagaimana Membangun dan Menjadi Individu yang Kreatif

Keberanian berusaha dengan berbagai terobosan sangat bermanfaat untuk mengajarkan kreativitas sejak dini, selain itu cara mengenalkan wirausaha atau pelaku bisnis bisa lebih cepat dan mudah dilaksanakan. Pengusaha manusia di Asia relatif masih langka. Salah satu kunci negara sejahtera, Anda harus menambah lebih banyak wirausahawan.

Membangun dan Menjadikan Pribadi yang Produktif dan Tidak Konsumtif

Kesadaran berwirausaha sejak dini selain memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreasi, juga akan senang jika didukung dan mendapatkan akses serta ruang yang terbuka untuk mengasah kreativitasnya. Sejak dini, anak dididik agar lebih produktif dan tidak konsumtif. Dengan dukungan keluarga akan menunjukkan pandangan yang kokoh bagi anak-anak yang sedang tumbuh cinta dalam mengenalkan bahwa kerja wirausaha merupakan salah satu prinsip agar anak menjadi mandiri kelak.

Senin, 11 April 2022

 Kelebihan Berjualan Online di Shopee


Sebagai market place baru, Shopee memang memanjakan konsumen dalam hal belanja online. Karena Shopee memanjakan konsumen, secara otomatis penjualan di market place baru ini juga cukup besar.

Bagi anda yang berniat jualan di Shopee, anda bisa merasakan beberapa kelebihan market place Shopee seperti:

  • Jauh lebih banyak konsumen dibandingkan dengan market place lama

Jika mau dibandingkan dengan jumlah pengunjung di market place lama seperti Tokopedia dan juga Bukalapak, Shopee memang sekarang memiliki lebih banyak konsumen.

Karena jumlah konsumennya jauh lebih banyak, secara otomatis kemungkinan produk yang anda jual laku keras di Shopee juga semakin besar.

  • Banyak program menarik baik bagi penjual maupun konsumen

Shopee memang tampak memanjakan konsumennya dari program-program yang dibuatnya. Namun demikian, sebenarnya secara tidak langsung program-program tersebut juga memanjakan orang-orang yang jualan di Shopee.

Contohnya saja, program gratis ongkir dari Shopee yang sedikit banyak mempengaruhi peningkatan penjualan produk di Shopee.

  • Sudah terintegrasi dengan sistem pengiriman paket

Untuk masalah teknologi, Shopee memang masih menjadi juara di market place Indonesia. Kenapa? Karena setiap orang yang jualan di Shopee tidak perlu repot-repot menulis kembali alamat pembeli produknya.

Setiap ada pembeli produk, sistem Shopee secara otomatis langsung terintegrasi dengan sistem pengiriman paket. jadi penjual hanya perlu menuliskan kode pengiriman barang saja.

Ketika pihak pengiriman barang memasukkan kode tersebut, secara otomatis data penerima barang akan terlihat. Sistem ini benar-benar efektif dalam hal mengurangi kesalahan penulisan informasi penerima barang baik dari penjual maupun dari pihak pengiriman paket.

  • Sistem sundul yang sangat fair

Kelebihan lain dari jualan di Shopee adalah sistem sundulnya yang sangat fair. Setiap orang yang jualan di Shopee mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produknya di halaman paling depan.

Sekali promosi, anda bisa menayangkan 5 produk sekaligus. Anda bisa menggunakan fitur promosi tersebut setiap 4 jam sekali secara gratis. Sistem sundul di Shopee ini jelas lebih baik dibandingkan dengan sistem sundul di market place lainnya.

  • Adanya fitur-fitur penghargaan bagi penjual

Selain fitur sundul, jualan di Shopee juga lebih baik karena adanya fitur-fitur penghargaan bagi penjual yang berprestasi.

Salah satu contoh penghargaan yang bisa diterima oleh penjual di Shopee adalah Star Seller. Setiap orang yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut akan mendapatkan keuntungan seperti produknya lebih sering dipromosikan oleh sistem Shopee.

Jadi tidak ada ruginya bagi penjual di Shopee untuk berusaha mati-matian untuk mendapatkan penghargaan Star Seller tersebut.

Sabtu, 09 April 2022

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Secara Online

Saat mempromosikan bisnisnya secara online, seorang pedagang online akan mencari channel berpromosi sebanyak- banyaknya. Mulai dari memajang produknya di media sosial, broadcast ke teman- teman WA, membuat grup jualan, marketplace, hingga membuat website sendiri untuk goal yang lebih besar.

Marketplace ini, untuk penjual online, adalah salah satu channel penting untuk mendorong terjadinya penjualan. Bukan hanya memanfaatkan satu marketplace, satu pedagang online cenderung membuka tokonya di beberapa marketplace sekaligus. Bahkan tidak sedikit yang mempunyai beberapa akun di satu marketplace, meskipun hal ini dilarang oleh marketplace bersangkutan.

Kelebihan Berjualan Online


1. Tidak perlu mengelurkan biaya lebih untuk menyewa toko secara fisik


Kelebihan jualan online yang pertama adalah anda tidak perlu repot-repot memiliki sebuah toko ataupun menyewa toko secara fisik. Ya, toko online anda bisa menggunakan berbagai macam platform dan media yang tersedia di dalam dunia internet. Karena itu, saat ini banyak sekali user yang berjualan online, karena kelebihan dari jualan online yang satu ini, yaitu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menyewa ataupun membeli sebuah toko yang ada secara fisik, yang pasti harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan hanya mengembangkan sebuah toko di dunia maya.

2. Tidak perlu membayar pajak penjualan ataupun pajak penghasilan dari berjualan online

Saat ini, regulasi mengenai penjualan online masih dibatasi hanya dengan UU ITE saja. Belum ada regulasi mengenai sistem perdagangan yang dilakukan secara online. Begitu pula mengenai sistem pembayaran pajak. Karena itu, bagi anda yang merupakan pemain besar alias retail, membuat toko offline merupakan salah satu keuntungan yang sangat penting, karena dari egi pajak, anda tidak perlu menyetorkan pajak penghasilan anda dari hasil berjualan di toko online tersebut.

3. Dapat menekan harga, sehingga membuat harga jual menjadi lebih murah

Keuntungan dan juga kelebihan jualan online berikutnya adalah user alias penjual toko online mampu menekan harga, sehingga harga jual sebuah barang di pasaran bisa menjadi lebih kompetitif. Anda bisa menggunakan insting anda dalam berjualan, agar harga dari barang yang anda jual bisa ditekan semaksimal mungkin, namun tetap memberikan keuntungan bagi anda selaku pemilik toko online.

4. Omzet yang tinggi

Omzet dari penjualan menggunakan pemanfaatan dari toko online juga tergolong tinggi. toko online yang sudah memilik target pasar yang jelas, serta sudah berkembgan, bisa memiliki omzet yang sangat besar, sehingga hal ini akan menyebabkan banyak sekali orang tergiru akan kesuksesan berjualan dengan menggunakan sistem toko online, ataaupun e-commerce. Anda bisa memperoleh omzet 2 hingga 3 kali lipat apabila anda membuka toko online, dibandingkan dengan ketika anda hanya membuka sebuah toko fisik saja yang hanya mengandalkan sistem offline.

5. Cakupan wilayah yang sangat luas


Nah, ini merupakan kelebihan yang sangat hebat, yang bisa kita temui dari berjualan menggunakan toko online. ya, cakupan wilayah yang bisa digapai oleh penjual yang meggunakan sistem toko online sangatlah luas. Tidak hanya cakupan wilayah dalam kota saja, bahkan luar kota, luar pulau dan juga luar Negara pun bisa dicapai. Jadi apabila kita lihat dari segi penjualan, target marketing dan juga target pasar dari produk yang kita jual sangat beraqgam dan juga tentunya sangat luas cakupan wilayahnya.

6. Gratis

Tentu saja, toko online adalah salah satu bentuk sistem jual beli yang gratis. Meskipun anda juga bisa mengembangkan sendiri toko online secara independen dengan membayar sejumlah dana untuk mengembangkan bisnis dan juga sistem tersebut. Namun, apabila kita berbicara mengenai sistem jual beli toko online di situs e-commerce dan media sosial, maka anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk mempromosikan iklan anda di media sosial. Anda bebas membuat banyak username dan juga prduk jualan anda di media sosial ataupun di situs e-commerce.

7. Tidak perlu membutuhkan banyak modal yang besar dan memberatkan

Modal? Modal yang harus anda miliki hanyalah dua, ketekunan dan juga stok barang saja. Bahkan anda bisa juga berjualan online dengan sistem dropship, yang membuat anda bisa berjualan online tanpa harus melakukan stocking pada barang jualan anda. menarik bukan? Tidak perlu repot dalam mengatur modal, apalagi modal untuk menyewa toko dan juga membangun sebuah toko.

8. Mudah dalam mengaplikasikan


Aplikasi untuk berjualan online pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan smartphone anda dengan mudah. Sudah banyaks ekali smartphone yang mendukung situs – situs jual beli online, e-commerce, dan juga mendukung penggunaan web browser. Anda bisa melakukan itu semua hanya dengan sekali sentuh pada layar smartphone anda, dan keuntungan serta penjualan akan masuk ke dalam rekening anda.

9. Bisa dilakukan dalam waktu luang dan senggang, sehingga bisa tetap focus pada pendidkan ataupun pekerjaan lain secara real (bukan online)


Enaknya lagi, yang merupakan kelebihan dari jualan online adalah segi waktu yng dibutuhkan. Anda dapat berjualan online di waktu senggang, hal ini karena anda hanya perlu mengecek handphone anda saja untuk melihat pesanan, lalu anda bisa melakukan packing pengiriman barang pada sore hari. Siang harinya, anda bisa bekerja di kantor, kuliah, dan melakukan kegiatan normal anda sehari – hari. Bagi ibu rumah tangga, berjualan online juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghasilkan tambahan uang dan juga mengisi waktu luang ketika bosan berada di rumah.

Kekurangan dari Jualan Online

1. Teknik marketing yang agak sulit apabila tidak memahami

Meskipn terlihat mudah, namun tetap saja berjualan online membutuhkan bakat dan juga trik khusus dalam aplikasinya. Misalnya saja adalah bagaimana kita mempromosikan toko online kita, baik di media sosial maupun situs e-commerce. Teknik marketing dan penjualan ini bisa dipelajari, namun terkadang cukup sulit untuk dipahami, dan tidak bisa dilakukan secara instan.

2. Butuh kemauan keras dan ketekunan

Bagi anda yang memiliki semangat juang dan juga ketekunan, serta kemauan yang rendah, ada baiknya anda jangan mencoba berjualan online. meskipun terlhat mudah dalam mengaplikasikannya, namun apabila anda tidak memiliki semangt tingi dalam membangun bisnis toko online, maka bisnis toko online anda tidak akan berjalan dengan mulus.

3. Sabar dalam menghadapi pelanggan

Kesabaran dalam menghadapi pelanggan juga harus bisa kita latih sebagai penjual toko online. banyak pelanggan yang cerewet dan juga banyak bertanya dan juga banyak melakukan complain, sehingga sangat mengganggu kenyamanan kita sebagai seller.

4. Rawan akan penipuan

Penipuan merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada sistem jual bel online, baik menggunakan mesia sosial maupun e-commerce.

Jumat, 08 April 2022

 Jenis-jenis Peluang Usaha di Desa

Kultur dan sumber daya alam yang dimiliki wilayah pedesaan membuat eksosistem bisnis di desa bisa jauh lebih beragam. Berikut adalah jenis-jenis usaha yang bisa kamu lakukan di pedesaan.

1. Berternak ayam kampung

Ayam menjadi salah satu sumber protein hewani yang populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain ayam broiler, ayam kampung menjadi salah satu varian yang populer karena rasanya yang jauh lebih enak. Wilayah pedesaan menjadi tempat yang cocok untuk berternak ayam kampung karena fasilitas pendukung yang lebih mudah didapatkan.

Untuk memulainya pun dibutuhkan modal yang tidak terlalu besar, perawatannya pun tidak semahal saat ternak hewan lainnya seperti sapi atau kambing. Dengan berternak ayam kampung pun kamu bisa mendapatkan dua pilihan bisnis sekaligus, yaitu menjual dagingnya dan menjual telur ayam kampung. Satu lagi, harga jual ayam kampung relatif lebih mahal dari jenis ayam lainnya dan permintaannya pun selalu tinggi.

2. Budidaya ikan lele

Selain ayam kampung, melakukan budidaya ikan lele juga menjadi jenis usaha yang potensial untuk dilakukan di desa. Tersedianya lahan yang kosong membuat desa menjadi tempat yang cocok untuk ternak lele.

Modal yang dibutuhkan melakukannya tidak begitu besar, tapi menjanjikan keuntungan yang berlipat. Lele pun masih menjadi salah satu sumber protein hewani yang populer. Selama masih ada warung pecel lele di jalanan berarti permintaan akan ikan berkumis ini masih tinggi.

Kamu bisa memilih antara fokus ke pembibitan ikan lele atau langsung fokus ke ternak pembesaran hingga ke panen. Keduanya memiliki teknik dan jenis keuntungan yang berbeda-beda. Jika kamu tidak memiliki jaringan langsung ke pasar ada baiknya mulai dari ternak pembibitan anakan ikan lele terlebih dahulu.

3. Warung sembako

Sembako menjadi kebutuhan masyarakat di mana pun tempatnya, baik di kota ataupun pedesaan. Kehadiran warung sembako di wilayah pedesaan tentunya akan sangat membantu masyarakat sekitar. Hal ini disebabkan jarak tempuh yang cukup jauh jika ingin membeli sembako langsung ke pasar induk atau pasar tradisional.

Berbisnis sembako tentunya sangat menguntungkan karena sembako merupakan barang yang dicari orang setiap harinya. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar untuk selalu menyediakan sembako apa saja dibutuhkan oleh orang.

Perhatikan juga kualitas sembakonya, mulai dari kesegaran sampai kemasannya agar pembeli tidak ragu untuk berlangganan di warung kamu.

4. Jualan pulsa

Pada era teknologi seperti sekarang ini, pulsa menjadi kebutuhan hidup sehari-hari yang dibutuhkan untuk tetap terhubung dengan orang-orang. Mulai dari kebutuhan untuk menelepon, mengirimkan pesan, sampai kebutuhan internet.

Berjualan pulsa di wilayah pedesaaan tentunya memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Minimnya persaingan dengan konter modern sampai daya minat yang tinggi menjadi faktor yang membuat bisnis pulsa menjadi bisnis yang wajib dilirik.

5. Token listrik

Secara bertahap, PLN mulai memberlakukan sistem listrik prabayar yang akan berlaku secara menyeluruh mulai dari perkotaan sampai pedesaan. Sistem prabayar ini nantinya akan berupa token listrik yang bisa diisi ulang oleh para pengguna listrik. Penjualan token listrik inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi usaha yang menjanjikan.

Apalagi PLN telah membuka jalur PPOB berupa kemitraan dengan beberapa platform agar bisa memudahkan pelanggannya untuk membeli token listrik ini. Nah, kamu tinggal mendaftar menjadi agen di salah satu platform tersebut untuk bisa memulai bisnis ini.

6. Agen pengiriman

Permintaaan akan jasa ekspedisi di wilayah pedesaan pun sama tingginya dengan perkotaan. Hal ini dikarenakan banyak barang-barang yang berasal dari desa mulai dari kerajinan tangan, suvenir, sampai makanan khas yang akan dikirimkan keluar daerah tersebut. Oleh karena itu, tak heran jika keberadaan jasa ekspedisi sangat dibutuhkan untuk menopang kegiatan ekonomi di sana.

Kebutuhan akan jasa ekspedisi ini bisa kamu isi dengan memulai usaha sebagai agen pengiriman/ekspedisi. Apalagi saat ini hampir semua jasa ekspedisi telah membuka program kemitraaan yang bisa membuat semua orang bisa menjadi agen di mana saja.

Agen inilah yang nantinya menjadi penghubung antara pelanggan dengan pihak penyedia jasa. Kamu tinggal menerima barang dari pelanggan lalu meneruskannya ke jasa ekspedisi untuk diantarkan ke alamat tujuan.

7. Jualan kue tradisional

Indonesia dikenal dengan keberagaman budayanya yang kaya dan unik, termasuk dalam urusan kuliner. Setiap wilayah memiliki cita rasanya tersendiri soal makanan ini dan selalu masuk menjadi daftar kunjung bagi para wisatawan. Oleh karena itu, membuat kue tradisional yang khas dari tempat kamu menjadi bisnis yang potensial untuk dilakukan karena peminatnya terbilang tinggi.

Lewat perkembangan internet kamu bahkan bisa memperluas jangkauan bisnis kue tradisional ini. Dengan cara ini nantinya para pelanggan tidak hanya berasal dari daerah sekitar saja, tapi juga bisa dari luar daerah.

8. Warung kelontong

Membuka warung kelontong pun masih menjadi bisnis konservatif yang potensial untuk dilakukan di pedesaan. Jarak yang jauh antara permukiman dengan toko retail modern bisa kamu isi dengan membuka warung kelontong yang menyediakan barang-barang grosir harian yang dibutuhkan oleh warga sekitar.

Misalnya, kamu bisa menyediakan peralatan dan perlengkapan mandi yang hampir pasti ada permintaaan dalam setiap bulannya. Selain itu, kamu juga bisa mengisi warung dengan makanan dan minuman ringan yang menjadi jajanan favorit anak kecil di lingkungan sekitar.

9. Menjual bibit tanaman

Kondisi tanah yang masih subur dan cuaca yang mendukung membuat pedesaan menjadi tempat yang cocok untuk memulai bisnis bibit tanaman. Bibit tanaman bisa menjadi bisnis yang menjanjikan karena cukup mudah dilakukan dan proses pengirimannya pun jauh lebih mudah daripada hasil jadinya.

Kamu bisa menghadirkan beragam variasi bibit tanaman, mulai dari tanaman hias, buah-buahan, sampai sayuran. Saat ini bibit tanaman menjadi salah satu komoditi yang dicari karena meningkatkan tren pemeliharaan tanaman yang terjadi di wilayah perkotaan akibat pandemi berkepanjangan.

10. Penginapan

Alam yang masih asri dan cuaca yang menyegarkan menjadi daya tarik utama wilayah pedesaan sebagai destinasi wisata. Selain kuliner tradisional, bisnis lainnya yang bisa mendukung industri pariwisata di pedesaan adalah penginapan bagi para wisatawan.

Bisnis penginapan di sini tentunya bukan yang berskala besar seperti hotel atau apartemen. Kamu cukup menyediakan kamar yang nyaman sebagai tempat tinggal para wisatawan yang ingin lari kepenatan rutinitas sehari-hari ini.

Mau Apa dan ke mana Setelah Lulusan SMK?

  Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK? Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang untuk mempersiapkan lulusannya untuk siap beker...