Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing
Tertarik untuk terjun langsung dalam dunia content marketing?
Nah, ada baiknya kamu mengasah kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan seorang content marketer yang dijabarkan di bawah ini:
1. Memahami Prinsip SEO
Salah satu skill utama untuk berkarir di dunia digital marketing adalah dengan mengetahui prinsip dasar dari Search Engine Optimization atau SEO. Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimasi posisi website yang kita miliki pada mesin pencarian.
Sebagai permulaan, kamu harus mengetahui bagaimana fungsi keyword atau kata kerja dalam meningkatkan traffic pada sebuah website. Oleh karena itu, kamu harus mencari keyword dengan search volume yang tinggi. Ada banyak website yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tahap keyword research, seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, KWFinder by Mangools dan masih banyak lainnya.
2. Kemampuan Menulis
Hal yang juga tidak kalah penting dalam memulai karir di dunia digital marketing adalah kemampuan menulis dan bercerita, atau dalam bahasa kerennya: copywriting dan storytelling.
Semakin berkualitas sebuah konten dan semakin menarik cara penyampaiannya, tentu akan menarik sejumlah pembaca yang sedang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak bisa muncul begitu saja.
Oleh karenanya, kamu harus memulainya sedini mungkin. Selain membiasakan diri membaca, beberapa caranya adalah dengan membuat sebuah blog pribadi dan menulis cerita atau ide yang kamu punya. Mengirimkan tulisan ke media juga bisa membantu kamu mempertajam skill yang penting ini.
3. Analisis Data dengan Google Analytics
Skill yang juga tidak bisa dilepaskan dari dunia digital marketing adalah kemampuan menganalisis data atau data analytics. Kemampuan ini penting kamu miliki, mengingat data yang tersedia ketika kamu bekerja sebagai digital marketer akan sangat melimpah. Adapun tool yang umum digunakan dalam digital marketing adalah Google Analytics.
Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas dari sebuah website. Dengan Google Analytics, kamu bisa mengetahui data terkait session duration, pages per session hingga bounce rate dan lainnya. Dari data yang disediakan, kamu juga bisa mengetahui behaviour atau kebiasaan pengunjung website sehingga kamu bisa mengatur strategi untuk meningkatkan conversion pada website kamu.
4. Menguasai Media Sosial
Dalam digital marketing, website bukan satu-satunya media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kegiatan promosi melalui media sosial (medsos) juga menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Medsos digunakan mulai dari membangun awareness terhadap produk yang kita pasarkan, hingga menggaet calon pembeli ke halaman transaksi produk kita.
Kamu bisa menggunakan berbagai platform medsos seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk menawarkan produk kamu kepada para pengguna. Apalagi, platform tersebut telah menyediakan fasilitas berupa akun bisnis dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki akun biasa. Kamu juga bisa mengatur target audience untuk menyesuaikan profil pengguna medsos dengan produk yang kamu tawarkan.
5. Pembelajar Cepat
Perkembangan dan dinamika dalam digital marketing berlangsung sangat cepat. Ini terjadi salah satunya karena berbagai tool, platform dan media yang digunakan dalam aktivitas digital marketing mengalami peningkatan dan perubahan dalam waktu yang cepat. Berbagai tool dan platform tersebut juga terus bertambah setiap harinya.
Oleh karena itu, seorang digital marketer harus menjadi seorang pembelajar cepat. Kemampuan adaptasi sangat dibutuhkan agar kamu bisa mengetahui bukan hanya perubahan tool dan platform, tetapi juga perubahan perilaku konsumen. Kamu juga harus terus menambah skill kamu untuk meningkatkan kualitas sebagai seorang digital marketer yang handal.