Zaman sekarang banyak sekali media sosial yang digunakan untuk keperuluan bisnis. Semenjak pandemi Covid-19, banyak bisnis yang harus mulai beralih ke bisnis online Seperti, membuat website toko online, mempromosikan via media sosial. Kenapa? Sebab cara ini dianggap cara ampuh agar bisnis Anda bisa tetap bertahan.
Beberapa contoh media sosial untuk bisnis diantaranya Facebook, Youtube, Blog, Instagram, Twitter, dan LINE.
Kehadiran media sosial ini sangat penting untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis online Anda. Di mana website Anda berfungsi sebagai media bisnis online dan media sosial berfungsi sebagai marketing channel atau kanal marketing.
Kegiatan memasarkan bisnis melalui media sosial yang dikenal juga dengan istilah online marketing ini nyatanya sangat baik untuk Anda para pengusaha IKM. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan selengkapnya:
1. Media sosial mampu menjangkau lebih banyak konsumen
Mayoritas masyarakat saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial. Melalui media sosial, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang untuk mengetahui produk-produk yang Anda tawarkan yang mungkin tidak dapat dijangkau dengan media iklan lain. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan situasi tersebut dengan memasarkan bisnis Anda.
2. Media sosial membantu membangun reputasi bisnis
Reputasi tidak hanya berkaitan dengan citra saja, melainkan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Melalui media sosial, Anda dapat membangun reputasi bisnis dengan cara membuat konten yang baik serta menyiapkan tim media sosial yang cekatan untuk menjawab berbagai pertanyaan serta komentar dari masyarakat serta tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk pengembangan pelatihan sales karyawan. Sikap cepat tanggap serta informatif, akan membuat bisnis Anda memiliki citra yang baik di mata konsumen.
3. Dapat digunakan sebagai media untuk riset
Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tentu ingin produk/jasa yang diproduksi menjadi unggulan dan mengalahkan kompetitor. Untuk dapat mencapai semua itu, dibutuhkan riset untuk mengetahui keinginan konsumen dan mencari tahu kelemahan kompetitor. Jika dulu Anda membutuhkan banyak biaya untuk melakukan riset pasar, kini semua itu dapat dilakukan dengan media sosial.
4. Media sosial sebagai sarana rekrutmen
Tidak hanya mampu meningkatkan pendapatan usaha Anda, media sosial juga dapat membantu fungsi HRD untuk melakukan rekrutmen. Dengan media sosial, Anda dapat mengunggah informasi lowongan pekerjaan sekreatif mungkin sehingga menarik calon karyawan potensial.
Sederhananya, rekrutmen media sosial adalah metode rekrutmen yang melibatkan penggunaan platform media sosial (Twitter, Facebook, Instagram dll) untuk berinteraksi dan memperoleh kandidat baru. Ini merupakan cara yang efektif dan hemat biaya untuk menjangkau para kandidat pasif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar