Di era serbadigital, istilah digital marketing cukup dikenali publik, terutama kalangan pebisnis zaman sekarang. Mungkin kamu pernah melihat suatu merek atau produk perusahaan yang melakukan kampanye online (digital campaign) melalui website, blog, dan media sosial suatu perusahaan.
Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Hampir semua perusahaan di dunia menggunakan strategi pemasaran ini. Alasannya, cara ini lebih cepat, lebih mudah, dan lebih luas menjangkau konsumen.
Sekarang kita akan mengenal lebih jauh tentang digital marketing.
Apa itu digital marketing?
Menurut ahli bernama Coviello, Milley and Marcolin, digital marketing adalah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.
Jadi, secara umum digital marketing adalah upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik berbasis internet dengan beragam taktik pemasaran dan media digital di mana kamu dapat berkomunikasi dengan calon konsumen secara online demi menjangkau pasar yang lebih luas.
Tujuan dan Manfaat Digital Marketing
- Tujuan Digital Marketing
Sebagian besar digital marketing memiliki sasaran untuk mencapai berbagai tujuan, seperti:
- Meningkatkan pangsa pasar.
- Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website.
- Meningkatkan pendapatan penjualan.
- Mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi atau promosi.
- Mencapai tujuan merek, seperti meningkatkan kesadaran merek.
- Meningkatkan ukuran database.
- Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan.
- Memperbaiki manajemen rantai suplai, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan.
2. Jenis-Jenis Digital Marketing
Ada beberapa jenis-jenis digital marketing yang harus kamu ketahui di antaranya:
Push digital marketing
Jenis digital marketing yang satu ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen. Beberapa strategi marketing yang masuk kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang.
Pull digital marketing
Tidak seperti jenis push digital marketing di mana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan
3. Manfaat Digital Marketing
Ada pun manfaat digital marketing, yaitu:
- Menghubungkan dengan konsumen di Internet.
- Menghasilkan penjualan yang tinggi.
- Membuat pelaku lebih hemat.
- Mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
- Menghubungkan pelaku dengan konsumen yang menggunakan perangkat mobile.
- Membantu menghasilkan pendapatan tinggi.
Kelebihan Digital Marketing
1. Kecepatan Penyebaran
Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
2. Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.
Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.
3. Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.
4. Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.
Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.
5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar