Sabtu, 29 Januari 2022

Strategi Pemasaran 4P yang Harus Anda Ketahui

Strategi dalam berbisnis sangat diperlukan, mulai dari strategi penetapan harga produk atau jasa, strategi penentuan produk yang tepat, strategi marketing, dan lainnya.

Tujuan utamanya yaitu untuk mensukseskan bisnis yang dijalankan agar lebih dapat memuaskan pelanggan yang telah membeli produk tersebut.

Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinya, contohnya seperti strategi pemasaran 4P (marketing mix 4P dalam pemasaran). Sesuai namanya, ada 4 variabel penting dalam bauran pemasaran ini. Apa saja? Berikut penjelasannya tentang strategi yang juga dikenal dengan nama bauran pemasaran 4P ini.

Bauran yang terdapat pada marketing mix ini ada 4 atau disebut 4P yaitu product, price, place, dan promotion.

Untuk lebih lengkapnya, keempat variabel tersebut akan dijelaskan berikut ini.

Product (Produk)

Pada saat kamu memutuskan untuk membuat bisnis, hal yang paling terpenting ialah produk.

Produk bisa dibilang sebagai bagian penting dari sebuah bisnis, tapi produk tidak hanya berfokus yang berwujud saja melainkan yang tidak berwujud seperti organisasi, layanan dan ide.

Sebelum menentukan strategi marketing apa yang tepat bagi usaha, kamu dapat memulainya dari mengembangkan produk terlebih dahulu agar menjadi lebih baik.

Caranya, kamu bisa menanyakan kepada pelanggan kamu berupa saran atau kritik terkait produk yang kamu tawarkan sehingga mereka merasa puas terhadap produk.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memahami produk serta bagian pemasaran lainnya.

Ada beberapa faktor keputusan dalam mempertimbangkan elemen produk di marketing mix, seperti:

1. Fitur

2. Kualitas

3. Merek atau logo

4. Perbedaan dengan kompetitor

5. Variasi Produk

6. Pengemasan

Price (Harga)

Selain produk ada elemen marketing mix yang mesti kamu perhatikan juga nih yaitu price (harga).

Harga adalah nilai yang harus diberikan oleh pembeli untuk memiliki produk dari suatu perusahaan, dan komponen ini berpengaruh terhadap penjualan produk.

Biasanya calon pelanggan kamu akan membandingkan produk terhadap kompetitor lebih dahulu dan berikutnya mereka akan menjadikan harga menjadi tolak ukurnya.

Maka dari itu, kamu harus memiliki strategi penetapan harga yang baik, caranya kamu bisa melihat harga pasar atau menghitung harga pokok penjualan (HPP).

Untuk melakukan penetapan harga, kamu perlu mempertimbangkan hal berikut ini:

1. Nilai produk atau jasa

2. Perbandingan harga dengan kompetitor

3. Promo atau pemberian diskon

4. Keuntungan

Place (Tempat)

Salah satu faktor penentu produk kamu berikutnya adalah pemilihan tempat atau lokasi, kamu dapat memilih lokasi yang strategis.

Lokasi yang strategis maksudnya ramai dikunjungi orang atau biasanya tempat tersebut ramai dilalui orang.

Tujuannya agar calon pelanggan merasa tertarik untuk mengunjungi usaha kamu, ditambah lokasinya yang mudah ditemukan.

Tapi selain tempat bisnis yang strategis, ada beberapa komponen yang mesti kamu perhatikan untuk memilih marketing mix 4p ini, yaitu:

1. Jenis tempat

2. Saluran distribusi

3. Penangan produk

4. Logistik

5. Pelajari dari competitor

Promotion (Pemasaran)

Dalam kegiatan promosi memiliki dua tujuan yang dapat kamu capai, pertama untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu dan memberi tahu orang mengenai usaha.

Kedua, membujuk mereka untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Strategi marketing 4p ini memfokuskan untuk cara komunikasi yang tepat untuk berkomunikasi dengan target audiens kamu.

Saat ini, untuk mempromosikan produk kamu tidak hanya melalui media konvensional loh, kamu bisa promosikan melalui facebookads, instagram ads, atau google ads.

Atau memanfaatkan sosial media bisnis kamu dengan memberikan konten informatif, edukasi, dan lainnya.

Tapi sebelum kamu melakukan promosi, untuk menentukan kegiatan promosi yang tepat kamu bisa memperhatikan hal berikut ini:

1. Waktu melaksanakan promosi

2. Media promosi yang digunakan

3. Pelajari pesaing saat melakukan promosi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Apa dan ke mana Setelah Lulusan SMK?

  Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK? Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang untuk mempersiapkan lulusannya untuk siap beker...