A. PENGERTIAN ATRIBUT PRODUK
Atribut produk adalah unsur unsur yang menjadi pengembangan
atau pembeda pada suatu produk sehingga dapat memberikan nilai tambah,manfaat
serta menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian.
Beberapa pengertian mengenai atribut produk menurut para
ahli :
1. Menurut Tjiptono (2008:103), atribut produk adalah unsur
unsur produk yang dianggap penting oleh konsumen dan dijadikan sebagai dasar
pengambilan keputusan pembelian.
2. Menurut Kotler dan Armstrong (2012:272), atribut produk
adalah pengembangan suatu produk atau jasa melibatkan manfaat yang akan di
tawarkan produk atau jasa tersebut.
3. Menurut Suharno dan Sutarso (2010:160), atribut produk yaitu pengembangan suatu produk perlu dilakukan dengan mendefinisikan manfaat yang akan di tawarkan,yang dikomunikasikan dan di sampaikan melalui atribut produk,seperti kualitas,fitur serta gaya dan desain.
Definisi dari pengertian atribut produk dari para ahli di
atas yaitu unsur unsur dari sebuah produk yang di pandang penting oleh konsumen
dan mencerminkan pengembangan suatu produk untuk dapat dijadikan dasar dalam
pengambilan keputusan pembelian.
Dalam penataan produk atribut-atribut produk dapat dikelola sebaik mungkin agar dapat mempengaruhi psikilogis dan perilaku pembelian.
B. MENGENAL JENIS-JENIS ATRIBUT PRODUK
1. Tangible
Attributes (atribut yang terlihat atau dapat dirasa oleh pancaindra)
Perfomance atau performa umumnya tidak dapat terlihat dalam sekali lihat. Performa produk dapat diketahui setelah menggunakan produk tersebut, misalnya performa sabun mandi dari keharuman dan kebersihannya.
b). Design atau packaging
Atribut yang dapat terlihat nyata pada produk adalah desain. Desain biasanya hal pertama yang membuat sebuah produk berbeda dengan produk yang lainnya.
c). Ingredients (components)
Bahan pembentuk dari produk bisa terlihat dan akan menentukan kualitas dari produk.
d). Size/shape
Ukuran dan bentuk sangat mudah diidentifikasi, contohnya sebuah produsen susu bayi menawarkan berbagai macam ukuran berat dari produk yang mereka hasilkan.
e). Price
2.
Intangible Attributes (Atribut yang tidak terlihat, hanya bisa dirasakan dan dipikirkan)
Value atau nilai merupakan tambahan yang di dapat oleh konsumen dari produk yang dibelinya, misalnya susu rendah lemak yang memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan susu pada umumnya.
b). Brand Image
Brand image atau citra merek merupakan kesan atau persepsi tertentu dari konsumen yang terbentuk karena pengalaman atau informasi dalam menggunakan atau mengonsumsinya, misalnya kosmetik asal Korea memiliki kesan positif di mata masyarakat dibandingkan dengan kosmetik yang berasal dari negara lain.
c). Image of store where sold
Gerai yang menjual suatu produk juga turut menyumbang atribut yang tidak terlihat bagi sebuah produk, misalnya baju bermerek yang dijual di Mall besar.
d). Perceptions of Users of the brand
C. MENGANALISIS UNSUR-UNSUR ATRIBUT PRODUK
Atribut produk adalah pengembangan suatu produk atau jasa
yang melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan.
Atribut produk memliki unsur unsur produk yang penting
diantaranya:
1. Merek
Merek adalah sesuatu yang ditujukan untuk mengindetifikasi
barang atau jasa dari seseorang atau keompok penjual.
Karakteristik Merek:
b). Mudah dieja,dibaca,dan diingat
c). Bisa diadptasi produk baru yang mungkin ditambahkan di lini produk
Tujuan Merek:
b). Alat promosi,sebagai daya tarik produk
c). Membina citra,seperti jaminan dan prestise
2. Kemasan
Pengemasan atau packaging merupakan proses yang berkaitan
dengan perancangan dan pembuatan wadah (container) atau pembungkus (wrapper)
untuk suatu produk.
Tujuan Kemasan:
b). Untuk memberikan kemudahan dari penggunaan (operation).
c). Bermanfaat dalam pemakaian ulang (reusable).
d). Memberikan daya tarik (promotion).
e). Sebagai identitas (image).
f). Distribusi (shipping).
g). Informasi (labelling).
3. Pemberian Label (Labelling)
Label adalah setiap keterangan mengenai barang yang dapat berupa gambar, tulisan atau kombinasi keduanya atau bentuk lain yang memuat informasi tentang barang dan keterangan pelaku usaha serta informasi lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Label berguna untuk memberikan informasi yang benar, jelas, dan lengkap baik kuantitas, isi, kualitas dan lainnya.
Berikut yang harus tercantum pada label makanan atau minuman.
b). Komposisi
c). Berat bersih
d). Nama dan alamat pabrik
e). Nomor pendaftaran
f). Kode produksi
g). Tanggal kadaluwarsa
h). Petunjuk cara penyimpanan
i). Petunjuk cara penggunaanj. Label halal
4. Layanan Pelengkap (Supplementary Services)
Produk tidak terlepas dari unsur jasa atau layanan baik
produk inti maupun jasa pelengkap.
Menurut Lovelock 1994 dalam buku Fandy Tjiptono (2008:107)
layanan pelengkap diklasifikasikan menjadi delapan kelompok, diantaranya:
b). Konsultasi, seperti pemberian saran, auditing, konseling pribadi, dan konsultasi manajemen.
c). Billing, meliputi laporan periodik, faktur untuk transaksi, laporan verbal dll.
d). Hospitality, seperti sambutan, food and beverages, toilet, fasilitas menunggu, transportasi dan security.
e). Care taking, perhatian dan perlindungan atas barang milik pelanggan yang dibawa.
f). Exception, permintaan khusus penyampaian produk menangani komplain/pujian, pemecahan masalah, kompensasi, dsb.
g). Order taking, meliputi aplikasi, reservasi, admisi untuk fasilitas yang terbatas.
5. Jaminan (Garansi)
Jaminan adalah janji yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen.
D. MENGANALISIS MANFAAT ATRIBUT PRODUK
Atribut produk mempunyai pengaruh besar pada persepsi
pembeli terhadap produk karena secara fisik atribut produk membawa berbagai
macam manfaat yang dibutuhkan dan diinginkan pembeli.
Berikut manfaat atribut produk menurut Kotler dan Amstrong
(2003):
1. Kualitas Produk
Kualitas adalah salah satu alat penting bagi pemasar untuk
menetapkan posisi produk.Kualitas mempunyai 2 dimensi yaitu tingkat dan
konsistensi.
2. Fitur Produk
Fitur adalah alat yang membedakan produk perusahaan terhadap
perusahaan terhadap produk pesaingnya.
3. Gaya dan Desain Produk
Gaya mengedepankan tampilan luar sedangkan Desain memberikan
kontribusi dalam hal kegunaan produk dan juga penampilannya.
4. Garansi
Garansi atau warranty adalah suatu keistimewaan yang
diberikan kepada konsumen oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab dan
jaminan atas hal yang terjadi pada produk dalam jangka waktu tertentu setelah
transaksi pembayaran dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar