Jumat, 28 Januari 2022

Pengertian, Jenis, Unsur dan Manfaat Atribut Produk

A. PENGERTIAN ATRIBUT PRODUK

Atribut produk adalah unsur unsur yang menjadi pengembangan atau pembeda pada suatu produk sehingga dapat memberikan nilai tambah,manfaat serta menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian.

Beberapa pengertian mengenai atribut produk menurut para ahli :

1. Menurut Tjiptono (2008:103), atribut produk adalah unsur unsur produk yang dianggap penting oleh konsumen dan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan pembelian.

2. Menurut Kotler dan Armstrong (2012:272), atribut produk adalah pengembangan suatu produk atau jasa melibatkan manfaat yang akan di tawarkan produk atau jasa tersebut.

3. Menurut Suharno dan Sutarso (2010:160), atribut produk yaitu pengembangan suatu produk perlu dilakukan dengan mendefinisikan manfaat yang akan di tawarkan,yang dikomunikasikan dan di sampaikan melalui atribut produk,seperti kualitas,fitur serta gaya dan desain.

Definisi dari pengertian atribut produk dari para ahli di atas yaitu unsur unsur dari sebuah produk yang di pandang penting oleh konsumen dan mencerminkan pengembangan suatu produk untuk dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan pembelian.

Dalam penataan produk atribut-atribut produk dapat dikelola sebaik mungkin agar dapat mempengaruhi psikilogis dan perilaku pembelian.


B. MENGENAL JENIS-JENIS ATRIBUT PRODUK

1. Tangible Attributes (atribut yang terlihat atau dapat dirasa oleh pancaindra)

a). Perfomance
Perfomance atau performa umumnya tidak dapat terlihat dalam sekali lihat. Performa produk dapat diketahui setelah menggunakan produk tersebut, misalnya performa sabun mandi dari keharuman dan kebersihannya.
b). Design atau packaging
Atribut yang dapat terlihat nyata pada produk adalah desain. Desain biasanya hal pertama yang membuat sebuah produk berbeda dengan produk yang lainnya.
c). Ingredients (components)
Bahan pembentuk dari produk bisa terlihat dan akan menentukan kualitas dari produk.
d). Size/shape
Ukuran dan bentuk sangat mudah diidentifikasi, contohnya sebuah produsen susu bayi menawarkan berbagai macam ukuran berat dari produk yang mereka hasilkan.
e). Price
Harga dari sebuah produk adalah atribut yang terlihat, contohnya seorang konsumen lebih memilih sebuah produk yang lebih murah dengan fungsi yang sama namun dengan harga yang berbeda jauh.


2. Intangible Attributes (Atribut yang tidak terlihat, hanya bisa dirasakan dan dipikirkan)

a). Value
Value atau nilai merupakan tambahan yang di dapat oleh konsumen dari produk yang dibelinya, misalnya susu rendah lemak yang memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan susu pada umumnya.
b). Brand Image
Brand image atau citra merek merupakan kesan atau persepsi tertentu dari konsumen yang terbentuk karena pengalaman atau informasi dalam menggunakan atau mengonsumsinya, misalnya kosmetik asal Korea memiliki kesan positif di mata masyarakat dibandingkan dengan kosmetik yang berasal dari negara lain.
c). Image of store where sold
Gerai yang menjual suatu produk juga turut menyumbang atribut yang tidak terlihat bagi sebuah produk, misalnya baju bermerek yang dijual di Mall besar.
d). Perceptions of Users of the brand
Konsumen atau pengguna suatu produk juga menyumbangkan atribut dari sebuah brand. Pengguna sebuah produk akan secara langsung mendeskripsikan kelompok barang tersebut, misalnya produk yang digunakan oleh banyak artis maka akan mempengaruhi persepsi masyarakat jika ingin dianggap seperti artis maka mereka harus memiliki produk tersebut.


 

C. MENGANALISIS UNSUR-UNSUR ATRIBUT PRODUK

Atribut produk adalah pengembangan suatu produk atau jasa yang melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan.

Atribut produk memliki unsur unsur produk yang penting diantaranya:

1. Merek

Merek adalah sesuatu yang ditujukan untuk mengindetifikasi barang atau jasa dari seseorang atau keompok penjual.

Karakteristik Merek:

a). Mengingatkan suatu tentang produk dan kegunaanya
b). Mudah dieja,dibaca,dan diingat
c). Bisa diadptasi produk baru yang mungkin ditambahkan di lini produk
d). Bisa didaftarkan dan dilindungihak paten

Tujuan Merek:

a). Sebagai identitas,berguna untuk membedakan produk.
b). Alat promosi,sebagai daya tarik produk
c). Membina citra,seperti jaminan dan prestise
d). Mengendalikan pasar

2. Kemasan

Pengemasan atau packaging merupakan proses yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah (container) atau pembungkus (wrapper) untuk suatu produk.

Tujuan Kemasan: 

a). Sebagai pelindung isi (protection).
b). Untuk memberikan kemudahan dari penggunaan (operation).
c). Bermanfaat dalam pemakaian ulang (reusable).
d). Memberikan daya tarik (promotion).
e). Sebagai identitas (image).
f). Distribusi (shipping).
g). Informasi (labelling).
h). Cermin inovasi produk yang berkaitan dengan kemajuan teknologi dan daur ulang.

3. Pemberian Label (Labelling)

Label adalah setiap keterangan mengenai barang yang dapat berupa gambar, tulisan atau kombinasi keduanya atau bentuk lain yang memuat informasi tentang barang dan keterangan pelaku usaha serta informasi lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Label berguna untuk memberikan informasi yang benar, jelas, dan lengkap baik kuantitas, isi, kualitas dan lainnya. 

Berikut yang harus tercantum pada label makanan atau minuman.

a). Nama makanan
b). Komposisi
c). Berat bersih
d). Nama dan alamat pabrik
e). Nomor pendaftaran
f). Kode produksi
g). Tanggal kadaluwarsa
h). Petunjuk cara penyimpanan
i). Petunjuk cara penggunaanj. Label halal

4. Layanan Pelengkap (Supplementary Services)

Produk tidak terlepas dari unsur jasa atau layanan baik produk inti maupun jasa pelengkap.

Menurut Lovelock 1994 dalam buku Fandy Tjiptono (2008:107) layanan pelengkap diklasifikasikan menjadi delapan kelompok, diantaranya:

a). Informasi, misal jalan/arah.
b). Konsultasi, seperti pemberian saran, auditing, konseling pribadi, dan konsultasi manajemen.
c). Billing, meliputi laporan periodik, faktur untuk transaksi, laporan verbal dll.
d). Hospitality, seperti sambutan, food and beverages, toilet, fasilitas menunggu, transportasi dan security.
e). Care taking, perhatian dan perlindungan atas barang milik pelanggan yang dibawa.
f). Exception, permintaan khusus penyampaian produk menangani komplain/pujian, pemecahan masalah, kompensasi, dsb.
g). Order taking, meliputi aplikasi, reservasi, admisi untuk fasilitas yang terbatas.
h). Pembayaran.

5. Jaminan (Garansi)

Jaminan adalah janji yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen.

 

D. MENGANALISIS MANFAAT ATRIBUT PRODUK

Atribut produk mempunyai pengaruh besar pada persepsi pembeli terhadap produk karena secara fisik atribut produk membawa berbagai macam manfaat yang dibutuhkan dan diinginkan pembeli.

Berikut manfaat atribut produk menurut Kotler dan Amstrong (2003):

1. Kualitas Produk

Kualitas adalah salah satu alat penting bagi pemasar untuk menetapkan posisi produk.Kualitas mempunyai 2 dimensi yaitu tingkat dan konsistensi.

2. Fitur Produk

Fitur adalah alat yang membedakan produk perusahaan terhadap perusahaan terhadap produk pesaingnya.

3. Gaya dan Desain Produk

Gaya mengedepankan tampilan luar sedangkan Desain memberikan kontribusi dalam hal kegunaan produk dan juga penampilannya.

4. Garansi

Garansi atau warranty adalah suatu keistimewaan yang diberikan kepada konsumen oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab dan jaminan atas hal yang terjadi pada produk dalam jangka waktu tertentu setelah transaksi pembayaran dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Apa dan ke mana Setelah Lulusan SMK?

  Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK? Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang untuk mempersiapkan lulusannya untuk siap beker...