Pengertian Bauran Promosi dan Jenis-Jenisnya
Bauran promosi atau biasa disebut dengan istilah promotion mix merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran yang mana masuk dalam sebuah ilmu manajemen pemasaran. Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa sebuah promosi tidak akan bisa dipisahkan pada pemasaran itu sendiri, sehingga tanpa adanya promosi pemasaran sama sekali tidak akan berjalan.
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pengertian dari bauran promosi adalah sebuah kombinasi strategi yang paling baik dari berbagai variabel periklanan, personal selling dan beberapa alat promosi lainnya. Semua promosi yang dilakukan tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dari program penjualan yang dibuat oleh perusahaan.
Lalu seberapa besar manfaat promosi dalam sebuah pemasaran atau penjualan? Sebenarnya ada banyak sekali manfaat promosi baik yang dirasakan langsung maupun tidak langsung. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui tentang kegiatan promosi, yaitu:
Adapun tujuan utama periklanan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan atau diproduksi oleh perusahaan. Secara umum periklanan ini bersifat masal atau tidak di tunjukan untuk individu secara khusus. Beberapa contoh periklanan yang sering digunakan untuk promosi seperti poster, brosur, iklan televisi, spanduk, dan lain-lain.
Mengenal Tentang Bauran Promosi Beserta Jenisnya
Tentang Bauran PromosiSeperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pengertian dari bauran promosi adalah sebuah kombinasi strategi yang paling baik dari berbagai variabel periklanan, personal selling dan beberapa alat promosi lainnya. Semua promosi yang dilakukan tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dari program penjualan yang dibuat oleh perusahaan.
Lalu seberapa besar manfaat promosi dalam sebuah pemasaran atau penjualan? Sebenarnya ada banyak sekali manfaat promosi baik yang dirasakan langsung maupun tidak langsung. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui tentang kegiatan promosi, yaitu:
- Customer Loyalty
- Media Komunikasi
- Pertahanan
- Trial And Repeat Buying
- Membangun Merek
Jenis-Jenis Bauran Promosi
Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa jenis bauran promosi yang bisa Anda jumpai. Umumnya perusahaan memilih untuk melakukan salah satu jenis promosi atau semuanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana jika dijalankan dengan benar.- Periklanan
Adapun tujuan utama periklanan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan atau diproduksi oleh perusahaan. Secara umum periklanan ini bersifat masal atau tidak di tunjukan untuk individu secara khusus. Beberapa contoh periklanan yang sering digunakan untuk promosi seperti poster, brosur, iklan televisi, spanduk, dan lain-lain.
- Personal Selling
Dengan Personal Selling, beberapa kemungkinan akan terjadi kepada penjual. Pertama, penjual mungkin akan mengetahui bagaimana karakter pembeli ketika bertatapan langsung. Kedua, penjual mungkin akan lebih cepat mendapatkan respons dari pembeli. Ketiga, penjual dapat menjalin hubungan baik dengan pembeli.
Cara Membuat Program Promosi Penjualan
- Tentukan Besar Insentif
Perlu diketahui, semakin tinggi besaran intensif, maka perusahaan pun juga harus menyiapkan budget yang banyak. Sebagai gambarannya, calon konsumen akan lebih tertarik dengan diskon 75% yang ditawarkan oleh perusahaan dibandingkan dengan diskon 10%.
- Tentukan Syarat-syarat Partisipasi
Contoh dari penentuan syarat untuk partisipasi yaitu “Buy 2 Disc20% Buy 3 Disc35%, Diskon 40% khusus untuk pelajar dengan syarat menyertakan kartu pelajar yang sedang berlaku, Gratis pulsa 20 ribu untuk pembelian minimal 100 ribu, dan lain sebagainya.
- Tentukan Lamanya Waktu Promosi
- Tentukan Sarana Penyaluran untuk promosi
Nah, promosi dengan sarana distribusi ini hanya berlaku untuk konsumen yang datang langsung ke toko, atau bisa juga dikirim melalui POS jika memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.
- Tentukan waktu yang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar