Pengertian dan Tujuan Penataan Produk (Display)
Bagi anda yang bergelut di pasar atau dagang pernahkah mendengar istilah display. Bagi sebagian orang memang istilah ini terdengar asing.
Diketahui display berhubungan erat dengan produk. Secara sederhana, display merupakan istilah lain dari penataan produk.
Dalam bahasa Indonesia, istilah display diartikan Pertunjukan, Pameran, Memeragakan dan memperlihatkan. Akan tetapi yang dimaksud dengan penjelasan Display berbeda dalam konsep penjualan dan perdagangan.
Sebab definisi atau arti dari display tidak sesempit yang dapat kita bayangkan. Melainkan kata Display memiliki arti yang luas.
Pengertian Penataan Produk (Display)?
Penataan produk (display) adalah cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan dengan memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen dan keinginan membeli produk tersebut.”
Pengertian Penataan Produk (Display) Menurut Para Ahli
- Menurut Ngadiman (2008 : 329) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Display adalah tata letak barang dengan memperhatikan unsur pengelompokan jenis dan kegunaan barang, kerapihan dan keindahan agar terkesan menarik dan mengarahkan konsumen untuk melihat, mendorong, dan memutuskan untuk membeli.
- Menurut Buchari Alma (2004:189) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Display adalah keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang, tapi didorong oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.
Attention (Perhatian)
Mengenalkan suatu produk atau brand tertentu, Contohnya, merancang jendela toko yang unik. Sehingga membuat orang yang ada di luar tertarik dan merasa: “Wih, apa nih?”
Interest (Menarik)
Interest ini satu tahap lebih jauh setelah kita mendapat perhatian customer. Penataan produk yang baik akan membuat konsumen tertarik dan melihat secara langsung bentuk fisik produk. Ini bisa jadi menampilkan pesan positif untuk pemilik toko.
Desire (Keinginan)
Ini artinya konsumen gak cuma ngeliat dan tertarik, tetapi udah mulai nanya-nanya. Maka tugas pramuniaga, harus dapat memberikan keyakinan ke konsumen.
Action (Tindakan)
Ini berarti konsumen udah masuk ke tahap akhir dalam sebuah pemasaran: pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar