Tujuan dan Contoh Pemasaran
Pemasaran adalah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan dari pelanggan dengan berbagai cara agar produk yang dipasarkan disukai konsumen.
Berikut merupakan tujuan dan contoh dari pemasaran.
Tujuan Pemasaran
- Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kami produksi dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka untuk produk yang diproduksi.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara rinci semua kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari deskripsi produk, desain produk, promosi produk, iklan produk, komunikasi kepada konsumen, hingga pengiriman produk untuk menjangkau konsumen dengan cepat.
- Kenali dan pahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk tersebut cocok dan bisa menjual sendiri.
Contoh Pemasaran
Selanjutnya strategi bagaimana cara memasarkan produk baru yang merupakan tujuan bisnis untuk meningkatkan penjualan, dibawah ini akan diluas beberapa contoh pemasaran atau marketing.
- Promosi produk
Promosi ini merupakan upaya untuk menawarkan produk, dapat menarik calon pelanggan untuk membeli. Selain itu, tujuan promosi adalah untuk menyebarkan informasi produk ke pasar sasaran potensial, memenangkan penjualan, memenangkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan, mengubah pendapat dan sikap konsumen, membentuk gambar produk, menstabilkan penjualan dan tingkatkan keuntungan produk kompetitif. - Riset pasar
Strategi pemasaran berikutnya adalah riset pasar. Penelitian pasar diperlukan untuk menentukan potensi produk yang dijual kepada konsumen. Jika hasilnya positif, maka Anda dapat menjual produk Anda. Jika negatif, Anda harus mengevaluasi dan mengemas produk Anda dengan cara yang dapat diterima konsumen. - Layanan pelanggan
Layani pelanggan Anda juga. Karenanya, konsumen yang mendapat perhatian lebih dari Anda akan menjadi pelanggan yang loyal. Menjadi salah satu tetangga Anda bagi konsumen. Berikan pembayaran mudah kepada konsumen, jika perlu, berikan diskon atau bonus. Tanyakan klien Anda apa yang perlu diperbaiki dan minta saran untuk pergi ke pasar yang tepat. - Kualitas produk yang dijual.
Menjual produk baru memiliki risiko. Jika produk Anda mengecewakan ketika diluncurkan untuk pertama kalinya, konsumen akan meninggalkannya. Kualitas produk dapat dibuat dengan memuaskan kebutuhan Anda. Produk baru ini harus dibutuhkan oleh banyak orang dan memiliki kualitas yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar