Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia
1. Aktif Manfaatkan Media Sosial Bisnis Kamu
Jangan sampai bisnis kamu tidak memiliki sosial media. Pastikan untuk membuat beberapa akun bisnis kamu di berbagai media sosial. Lakukan pemasaran produk-produk baru untuk membuat pelanggan yang sudah pernah membeli kembali membeli karena keberadaan produk baru kembali. Manfaatkan juga media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai apa yang mereka inginkan kembali dijual.
2. Jujur kepada Pelanggan
Cara yang paling mudah untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan ternyata datang dari diri kamu sendiri, yaitu sikap jujur. Jujur dalam hal waktu pengiriman, kondisi produk, dan hal-hal lainnya dalam pembelian membuat pelanggan tidak akan kecewa dan kehilangan kepercayaannya pada bisnis kamu. Jadi pastikan untuk membiasakan jujur dalam setiap kesempatan.
3. Manfaatkan Email untuk Menjaga Ketertarikan Pelanggan
Kamu dapat menggunakan email untuk memberikan informasi-informasi terbaru dari bisnis kamu ke pelanggan yang sudah pernah membeli. Misalnya kamu dapat mengirimkan penawaran bulanan, katalog produk baru, diskon, dan banyak lagi. Jadi pastikan untuk meminta email pelanggan dan manfaatkan fungsi email untuk mempertahankan pelanggan tetap setia membeli.
4. Manfaatkan Program Sosial untuk Pembelian Tertentu
Jika kamu membuat program sosial yang berkaitan dengan pembelian produk bisnis, maka pelanggan akan tertarik kembali membeli lagi dan lagi. Maksud program sosial di sini adalah, misalnya setiap pembelian yang dilakukan akan disumbangkan untuk orang yang membutuhkan sebesar berapa persen. Hal ini akan membuat banyak pembeli berlomba-lomba untuk terus membeli dan melakukan kebaikan.
5. Membuat Ekspektasi Pelanggan yang Realistis
Cara membuat pelanggan setia membeli produk kamu juga dapat dilakukan dengan selalu membuat ekspekati yang realistis. Misalnya dalam tips bisnis kaos yang berkaitan dengan hal kualitas bahan, katakan kualitas bahan apa adanya dan jangan melebih-lebihkan. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak terlalu berekspektasi tinggi dengan kaos dan ketika akhirnya produk sampai pelanggan tidak kecewa dengan kualitas bahan yang tidak sesuai dengan ekspektasinya yang tinggi.
6. Pasarkan Sesuai Selera Target Pelanggan
Seperti diketahui, kamu dapat mengetahui riwayat setiap pelanggan melalui produk yang dibelinya sebelumnya. Kamu kemudian dapat memasarkan produk sejenis yang sesuai selera dengan target pelanggan kepada pelanggan tersebut. Pelanggan jadi tahu pilihan lain lagi yang sesuai dengan seleranya ternyata masih ada di toko kamu untuk dapat dibeli.
7. Selalu Perhatikan Pertanyaan yang Pelanggan Ajukan
Pelanggan biasanya akan sering mengajukan pertanyaan sebelum membeli. Walau terkesan merepotkan, namun dengan perhatian terhadap pertanyaan-pertanyaan ini pelanggan akan merasakan pelayanan yang maksimal dari bisnis kamu. Jadi pastikan untuk sellau memperhatikan apa yang pelanggan tanyakan dan berikan jawaban yang mereka butuhkan untuk kembali dapat tertarik membeli.
8. Tanggapi Segera Keluhan dari Pelanggan
Selain pertanyaan, ada juga keluhan yang mungkin disampaikan oleh pelanggan kepada kamu. Pastikan untuk menanggapi seluruh keluhan tanpa terkecuali. Tanggapan yang kamu berikan harus dapat memberikan solusi terhadap pelanggan dan jangan sampai pelanggan kecewa terhadap pelayanan ini dan tidak mau membeli lagi produk yang kamu jual.