Sabtu, 12 Februari 2022

Pengertian, Fungsi dan Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi adalah salah satu alat bagi seseorang untuk bertukar pikiran maupun informasi. Dengan kata lain, komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis.

Komunikasi bisnis sangat penting bagi seorang pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dan tanggung jawabnya. Hal ini karena komunikasi bisnis akan menjadi alat dan proses yang tepat untuk mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah serius bagi bisnis, baik bagi karyawan, rekan kerja, pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya komunikasi yang baik, segala urusan akan menjadi lebih mudah, termasuk urusan bisnis. Itulah sebabnya dikenal ada istilah komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis adalah garis penting dalam perusahaan.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Secara umum, komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.

Komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, atau pendapat yang disebarkan secara personal maupun impersonal melalui lambang atau sinyal. Menurut Rosenbalt komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Oleh karena itu, komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan antar individu atau kelompok melalui media tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. 

Fungsi Komunikasi Bisnis

Secara umum, terdapat empat fungsi komunikasi bisnis, yaitu:

A. Memberikan Informasi (Informing)

Dalam komunikasi bisnis, terjadi pertukaran informasi antara satu orang dengan yang lainnya. Oleh karena itu komunikasi berfungsi untuk memberikan informasi (informing) yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.

Misalnya, sebuah perusahaan memasang iklan lowongan kerja untuk memperoleh karyawan baru. Hal itu dilakukan untuk menginformasikan (informing) kepada semua orang bahwa perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan.

B. Melakukan Persuasi (Persuading)

Tujuan berikutnya adalah untuk memberikan persuasi, yaitu menyampaikan pesan dengan mempengaruhi seseorang (persuading) untuk setuju dengan pilihan yang ditawarkan. Kegiatan persuasi biasa dilakukan ketika meminta konfirmasi pelanggan atau bernegosiasi dengan pelanggan.

C. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis (collaborating) antara seseorang dengan orang lain merupakan salah satu fungsi dari komunikasi bisnis. Dengan adanya komunikasi bisnis, seseorang akan dengan mudah melakukan kerjasama bisnis antar perusahaan baik dalam skala domestik maupun internasional.

Tidak hanya itu, komunikasi bisnis dalam collaborating dapat melalui media ataupun komunikasi langsung. Misalnya, penggunaan teknologi seperti telepon biasa, faksimili, telepon genggam, internet, email dan telekonferensi.

Unsur Komunikasi Bisnis

Setelah mengetahui beberapa fungsinya, berikut beberapa unsur yang terkandung dalam komunikasi bisnis.

A. Who

Dalam hal ini, who berarti komunikator atau sumber yang terdapat di komunikasi bisnis. Sumber tersebut merupakan pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai sesuatu komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara.

B. What

What merupakan topik dari komunikasi bisnis yang sedang didiskusikan. Unsur ini berupa isi pesan yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada semua atau lawan bicara komunikator.

C. In Which Channel

Unsur yang satu ini merupakan media atau alat yang digunakan dalam melakukan komunikasi bisnis. Unsur ini dapat berupa komunikasi langsung ataupun menggunakan media seperti koran, telepon, dll.

D. To Whom

To whom Dalam komunikasi bisnis berarti seorang lawan bicara ataupun audiens yang dapat mendengarkan seorang komunikator menyampaikan pesan dan informasinya.

E. With What Effect

To whom Dalam komunikasi bisnis berarti seorang lawan bicara ataupun audiens yang dapat mendengarkan seorang komunikator menyampaikan pesan dan informasinya.

With what effect merupakan dampak yang terjadi pada lawan bicara setelah menerima pesan dari komunikator, misalnya perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dan lain sebagainya.

Jumat, 11 Februari 2022

Perbedaan Brand dan Branding Yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Brand


Dalam sebuah bisnis, brand bisa diibaratkan sebagai sebuah nyawa. Tanpa brand, bisnis tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Secara definisi brand adalah identitas, logo, nama dari sebuah perusahaan untuk membedakan mereka dengan produk yang lain.

Dalam definisi sederhana, brand bisa dikatakan sebagai wajah dari sebuah perusahaan.

Jika brand-nya jelek, otomatis pelanggan tidak akan melirik perusahaan yang bersangkutan.

Maka dari itu, hampir semua perusahaan mati-matian untuk berjuang agar brand-nya dikenal baik oleh pelanggan, entah itu memasang iklan, bekerja sama dengan influencer, atau melakukan branding secara mandiri.

Pengertian Branding


Dari penjelasan di atas, kita sudah paham bahwa brand adalah sebuah identitas, baik itu dari logo, nama atau hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Nah, sebelum memahami perbedaan brand dengan branding, mari kita bahas sekilas pengertian dari branding itu sendiri.

Branding adalah tindakan atau aktivitas menciptakan sebuah brand.

Setiap perusahaan mempunyai strateginya tersendiri dalam melakukan hal tersebut.

Sebagai contoh, ada yang menggunakan media sosial seperti Instagram untuk membangun branding di sana sehingga tercipta brand awareness.

Ada juga perusahaan yang membangun branding dengan memasang iklan di billboard atau bahkan melalui iklan online.

Ketika proses tersebut berhasil, akan banyak sekali pelanggan yang mengenal perusahaan tersebut dan tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan, seperti membeli produk atau layanan.

Nah, dari sini bisa dibilang bahwa branding merupakan kunci sukses bagi perusahaan dalam hal berbisnis.

Tanpa strategi branding yang tepat, pelanggan tidak akan pernah tahu bahwa ada produk atau layanan yang telah diciptakan oleh perusahaan.

Perbedaan Brand dan Branding

Nah, kini kita sudah memahami pengertian dari masing-masing. Lantas, kira-kira di mana letak perbedaan antara brand dan branding?

Mungkin, sebagian dari kamu sudah bisa menebaknya. Secara garis besar, brand bukanlah branding.

Pasalnya, masih banyak yang menganggap bahwa brand sama saja dengan branding.

Brand pada dasarnya adalah alat pemasaran. Sementara branding merupakan aktivitas atau tindakan pemasaran.

Selain alat pemasaran dan tindakannya, brand dan branding juga bisa diibaratkan sebagai aset dan investasi.

Brand adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. 

Mengapa demikian? Sebab, dari brand yang besar kamu dapat meraup pelanggan yang besar.

Di sisi lain, jika kamu ingin menjual brand-mu kepada perusahaan lain, itu akan menjadi nilai yang tinggi.

Sementara itu, branding lebih mengarah kepada investasi. Kamu bisa saja terus melakukan branding dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Kamis, 10 Februari 2022

Jenis-jenis Webstie dan Cara Membuatnya

Berikut Jenis-jenis Website


Secara umum, ada dua jenis website berdasarkan sifatnya, yaitu website statis dan website dinamis. 

Jika informasinya tetap atau tidak berubah disebut website statis. Sebaliknya, jika informasi dalam website selalu berubah-ubah disebut website dinamis.

Namun, jika dilihat dari tujuan penggunaannya, website terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu:

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang dimiliki oleh individu, yang biasanya digunakan untuk tujuan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi.

Misalnya, Anda dapat menunjukkan berbagai karya atau pengetahuan Anda melalui sebuah website protofolio.

2. Website Toko Online/E-commerce

Jenis website ini digunakan sebagai toko di ranah online. Penggunaan website toko online sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas.

Website toko online memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja. Diantaranya ada fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan lainnya.

Website toko online juga bisa Anda desain dengan layout sesuai kebutuhan menggunakan warna khas bisnis, logo, dan sebagainya.

3. Website Company Profile

Website company profile adalah jenis website yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yang ingin mencari informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber utamanya

Tak hanya itu, website company profile juga penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Website ini akan menampilkan profil dan berbagai informasi seputar perusahaan.

Contohnya, website company profile milik Unilever yang berisi profil, jajaran pimpinan perusahaan, berita, karir, hingga informasi investor.

Di dalam website company profile, sebuah perusahaan juga bisa menunjukkan campaign yang sedang dijalankan. Contohnya, Unilever yang mengangkat isu lingkungan dan kepedulian terhadap sustainability.

4. Website Komunitas

Website komunitas atau website forum adalah jenis website yang dapat menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. 

Website ini biasanya memiliki fasilitas seperti, pengguna dapat membuat thread atau konten dalam berbagai topik, lalu orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, dan sebagainya. 

Seperti namanya, website gallery adalah jenis website yang menampilkan konten visual seperti foto dan video. 

Biasanya, website gallery menyediakan stok foto dalam jumlah dan dengan kualitas tinggi. Foto tersebut bisa Anda dapatkan baik secara gratis maupun dengan membeli lisensi dan dapat digunakan sebagai pendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya. 

6. Website Berita

Website berita adalah jenis website yang bertujuan menyebarkan berita terupdate. Website jenis ini semakin populer karena saat ini ranah berita offline sudah mulai ditinggalkan. 

Selayaknya koran, website portal berita berisi informasi terkini dalam berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu. 

7. Blog

Terakhir, terdapat jenis website yang dapat memuat banyak konten artikel yang disebut blog. Blog biasanya membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya. 

Cara Membuat Website

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai halaman web, sudah saatnya masuk ke dalam pembahasan mengenai bagaimana cara membuat website yang mudah untuk pemula. Berikut merupakan beberapa penjelasannya.

1. Memilih CMS atau platform yang tepat

Banyak cara untuk membuat sebuah website dengan mudah tanpa harus mengenal bahasa pemrograman secara menyeluruh. Anda dapat memanfaatkan fitur CMS atau Content Management System yang dapat membuat website secara cepat dan efektif. 

CMS yang populer saat ini, diantaranya adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Setiap jenis CMS memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pastikan anda memilih sesuai dengan kebutuhan proyek anda. Namun, kami merekomendasikan untuk menggunakan WordPress yang lebih simple dan sangat cocok untuk membuat tampilan website dalam bentuk blog atau website company profile.

2. Menentukan nama domain dan hosting terpercaya

Setelah memilih CMS, selanjutnya anda dapat menentukan nama domain dan membeli paket hosting sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnis anda. Nama hosting yang akan anda buat, pastikan untuk menyesuaikan dengan konten yang akan dikembangkan.

3. Melakukan proses instalasi dan konfigurasi website 

Langkah terakhir setelah membeli paket hosting, selanjutnya melakukan instalasi paket CMS dan mulai untuk membuat tampilan halaman utama web. Jika anda mengalami kesulitan dalam tahap pengembangan situs, anda dapat mencari berbagai tutorial, ataupun mengikuti beberapa forum untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menggunakan CMS dari beberapa expert dan programmer.

Rabu, 09 Februari 2022

Pengertian dan Unsur Website Yang Harus Anda Ketahui

Berikut Pengertian dan Unsur Webstie Menurut Para Ahli


Pengertian Website 

Website adalah kumpulan dari halaman – halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.

Dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Pengertian Website Menurut Para Ahli

1. Suwanto Raharjo
Menurut Suwanto Raharjo, layanan web adalah salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

2. Wahana Komputer 
Web menurut wahana komputer adalah bentuk interaktif komunikasi yang digunakan dalam jaringan komputer satu.

3. Sukarno dan Hianoto
Menurut Sukarno dan Hianoto, website adalah aset sama seperti halnya rumah dan saat ini mulai lumrah di perjualbelikan.

4. A. Taufiq Hidayatullah
Web menurut A.Taufiq Hidayatullah adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia, yaitu intrenet.

5. Haer Talib
Website Menurut Haer Talib adalah tempat di Internet yang mempunyai nama serta alamat.

6. Ali Zaki & Smitdev Community
Ali Zaki & Smitdev Community mendefinisikan Website adalah beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

7. Boone (Thomson)
Pengertian Website menurut Boone (Thomson) adalah kumpulan grafis yang kaya sumber daya yang saling berhubungan satu sama lain di Internet yang lebih besar.

8. Feri Indayudha
Menurut Feri Indayudha, Website adalah sebuah program yang dapat memuat film, gambar, suara & musik yang ditampilkan di internet.

9. Yuhefizar
Menurut Yuhefizar, Website adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.

10. Jasmadi
Pengertian website menurut Jasmadi adalah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

11. Gregorius, 2000:30
Website Menurut Gregorius adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.

12. Hakim Lukmanul, 2004
Definisi Website menurut Hakim Lukmanul adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya.

13. Sibero (2011:11)
“Website adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet”.

14. Menurut Arief (2011:8)
“Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser”.

15. Wikipedia
Website menurut wikipedia adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Peladen merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

16. Abdullah (2015:1)
“Website dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet”.

17. Nilasari (2014:2)
“Website atau sering disebut situs merupakan kumpulan halaman web yang dijalankan dari suatu alamat web domain.

18. Bekti (2015:35)
“Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing- masing masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman”.

Unsur-Unsur Website

Terdapat enam unsur yang sangat vital pada website:

1. Domain
Domain adalah alamat sebuah website. Awalnya, untuk mengunjungi suatu website Anda perlu mengetahui alamat IP yang ditandai deretan angka.

Anda bisa menggunakan nama domain yang sesuai dengan maksud atau tujuan website. Misalnya, memakai nama brand bisnis, nama pribadi, atau nama topik dari website tersebut.

Nama apapun bisa Anda pilih sebagai domain, asalkan singkat, mudah diingat, dieja, dan ditulis. Tujuannya, agar memudahkan ketika visitor ingin berkunjung ke website Anda.

2. Hosting
Hosting adalah server tempat di mana semua file website Anda disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet.

Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh isi rumah tersebut, mulai dari gambar, video, teks, dan lainnya.

Nah, agar website Anda dapat berjalan cepat dan aman, maka Anda perlu memilih “rumah” yang baik alias penyedia hosting yang terpercaya. 

3. Konten
Anda tentu mengunjungi website dengan tujuan tertentu, kan? Bisa untuk mencari sebuah informasi, berbelanja, atau lainnya.
Nah, semua informasi itu disediakan dalam bentuk konten website. Dengan adanya konten, pengunjung dapat mengetahui informasi yang ada di sebuah website baik dalam bentuk gambar, video, bahkan teks.

Sebagai contoh, website Niagahoster ditujukan sebagai pusat informasi bisnis online dan tempat konsumen bisa membeli produk. 
Maka, konten yang ditampilkan adalah penjelasan berbagai produk di beberapa landing page, informasi penggunaan produk dan topik seputar produk dalam bentuk blog, hingga halaman kursus yang memberikan value lebih kepada konsumen.

4. Bahasa Pemrograman 
Tim Berners-Lee awalnya mengembangkan website dengan bahasa pemrograman HTML.
Seiring berkembangnya dunia coding, terciptalah beberapa bahasa pemrograman seperti CSS untuk mengatur tampilan elemen website, JavaScript agar website lebih dinamis serta interaktif, dan lainnya. 
Ketiga bahasa pemrograman tersebut, mulai membuat banyak website menarik bermunculan dan melahirkan banyak programmer hebat yang mampu membuat website dengan baik.

5. Tampilan 
Informasi di dalam sebuah website itu penting, tapi tampilan yang baik juga diinginkan oleh pengunjung. Bahkan, 48% pengguna internet menyebutkan bahwa desain website adalah faktor dalam menentukan kredibilitasnya, apalagi untuk website bisnis. 

Tampilan website bukan hanya sekedar menarik, tetapi juga harus user friendly. Artinya, menarik berkat kombinasi warna yang pas dengan struktur yang rapi sehingga memudahkan akses pengguna di semua perangkat.
Untuk membuat tampilan menarik dengan coding, Bahasa pemrograman CSS-lah yang digunakan. Namun, kalau menggunakan CMS seperti WordPress, ada ribuan pilihan template siap pakai. 

Saat ini bahkan telah banyak template yang memudahkan Anda untuk melakukan kustomisasi seperti mengedit font, memilih warna font, men-setting layout, dan lainnya.

6. Optimasi 
Unsur website ini baru muncul belakangan. Optimasi website umumnya terkait dengan kemudahan bagi sebuah website agar dapat ditemukan oleh pengguna internet melalui mesin pencari.

Optimasi meliputi seluruh langkah untuk menempatkan website Anda di posisi teratas di mesin pencarian. Misalnya, saat Anda mencari informasi “cara membuat website” di Google, maka yang muncul adalah blog Niagahoster seperti contoh di atas.

Hasil optimasi yang baik berasal dari kecepatan website saat diakses, kualitas konten yang menjawab kebutuhan pencari dan dukungan dari website lain bahwa informasi yang disampaikan benar.

Selasa, 08 Februari 2022

Contoh dan Perkembangan E-Commerce di Indonesia


Contoh E-Commerce di Indonesia

Penikmat kegiatan belanja online di Indonesia memang sangat tinggi.

Tidak mengherankan kalau kemudian terus tumbuh e commerce baru, yang turut memeriahkan jagad jualan di dunia maya.

Meskipun begitu, hanya ada beberapa e commerce saja yang dapat bertahan dan maju di tengah ketatnya persaingan.

Di bawah ini adalah contoh e commerce yang berkembang pesat di Indonesia.

  • Bukalapak

Startup e commerce yang diluncurkan sejak 2010 silam ini, merupakan salah satu Unicorn yang ada di Indonesia.

Mewadahi jutaan pelapak dalam platformnya, Bukalapak memang cukup sukses dan diminati.

  • Shopee

Meskipun bisa dikatakan masih bau kencur apabila dibandingkan, dengan e commerce yang ada sebelumnya, namun platform satu ini tidak bisa disepelekan.

Dengan beragam promosi menarik mulai dari gratis ongkir, flash sale, cashback, hingga undian.

Shopee berhasil menjadi salah satu e commerce dengan tingkat transaksi paling tinggi di Indonesia.

  • Lazada

E commerce ini merupakan salah satu yang paling terkenal di tanah air. Sebagai salah satu start up yang sudah berdiri sejak lama, Lazada memang berhasil mempertahankan eksistensinya.

  • Gojek

E business jenis online to offline ini juga berkembang dengan cepat setelah diluncurkan. Bahkan saat ini Gojek sudah masuk dalam daftar start up Unicorn di Indonesia.

Memiliki ribuan driver yang tersebar di seluruh tanah air. Gojek memang menawarkan kemudahan transportasi.


Perkembangan E Commerce di Indonesia

Jika disuruh menjelaskan, perkembangan e commerce di Indonesia bisa dikatakan sangat pesat. Apabila dibandingkan dengan negara lain yang ada di sekitar kita.

Seperti yang dapat Anda lihat sendiri, kalau e commerce semakin menjamur seiring dengan berjalannya waktu.

Tentunya hal ini juga menyesuaikan dengan permintaan pasar yang semakin menggandrungi kegiatan perbelanjaan online.

Secara umum, ada beberapa jenis e commerce yang berkembang di tanah air.

Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis elektronik dengan membangun sebuah e-komersial.

Di bawah ini akan dibahas secara tuntas jenis-jenis e commerce yang ada di Indonesia.

  • Business to Business

Jenis e commerce satu ini memiliki skala paling besar. Karena transaksi yang dilakukan adalah antar perusahaan. Pada business to business, kegiatan transaksi di aplikasikan secara fisik dan elektronik.

Dan konsumennya adalah suatu kelompok yang juga menjalankan bisnis. Contohnya adalah distributor, reseller, dan sebagainya.

  • Business to Consumers

Ini adalah jenis e commerce yang paling terkenal, khususnya di Indonesia. Dimana produsen atau perusahaan (pihak penjual), memasarkan produk secara langsung.

Dengan customer (pengguna) sebagai mangsa pasar. Jadi, di ibaratkan seperti toko ritel berbasis online. Dimana pembeli bisa membeli produk secara eceran, tanpa jumlah minimal tertentu.

  • Consumer to Business

Dalam jenis consumer to business, transaksi penjualan dilakukan oleh pihak konsumen. Sedangkan perusahaan adalah target pasarnya.

Jadi, individu memberikan penawaran mengenai sebuah produk berupa barang atau jasa.

Kepada perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan. Misalnya saja desainer grafis yang menawarkan skill-nya.

  • Consumer to Consumer

Jenis e commerce ini dilakukan dari konsumen ke konsumen. Klasifikasinya terdiri dari 2 model, yaitu classifed dan marketplace.

Kalau dalam classified, buyer dan seller melakukan transaksi secara langsung.

Sedangkan dalam marketplace, konsumen (penjual) memerlukan platform untuk tempat melakukan transaksi. Contoh marketplace, adalah Shopee.

  • Business to Administration

Pada jenis e commerce ini, pelaku bisnis menjual produk barang atau pun jasa dengan menjadikan lembaga pemerintahan sebagai pasar.

Transaksi yang dilakukan juga dalam bentuk tender.

  • Online to Offline

Di zaman modern sekarang ini, jenis e commerce satu ini sangat populer.

Dimana pihak seller melakukan kegiatan promosi, mencari pembeli, dan menyediakan produk dengan memanfaatkan jaringan online sebagai media.

Namun pembeli memiliki option untuk dapat belanja langsung di toko offline.


Manfaat Website Sebagai Platform E Commerce

Setelah Grameds sudah memahami bahwa e-commerce adalah hal yang menguntungkan dan dapat dengan mudah memulai bisnis, maka saatnya untuk melakukannya. Setidaknya ada tiga alat yang tersedia untuk penjualan online.

Yakni, online marketplace (seperti Tokopedia dan Bukalapak), website berpemilik, dan media sosial. Marketplace dan media sosial tentu saja merupakan cara yang mudah. Untuk memulai, cukup buat akun dan siapkan stan bisnis tersebut. Bahkan, tidak ada biaya operasional yang harus dikeluarkan terlebih dahulu.

Ini bukan kesalahan, tetapi tetap penting untuk memiliki situs web yang mewakili toko atau bisnis Grameds. Berikut ini manfaat website yang lebih signifikan untuk e commerce yang sedang Grameds jalani:

1. Membangun Kredibilitas

Media sosial, atau marketplace tentu menjadi etalase online yang mudah digunakan. Namun, tidak banyak cara untuk memperkenalkan diri di kedua platform. Dalam kebanyakan kasus, Grameds hanya dapat menjelaskan secara singkat produk atau layanan yang ditawarkan.

Situasinya berbeda jika perusahaan Grameds memiliki situs web sendiri. Situs web memberi Grameds kebebasan untuk memutuskan desain dan fungsionalitas toko online tersebut. Misalnya, Grameds dapat membuat iklan booth pameran dagang yang lebih sederhana dan mudah dipahami pembeli.

Selain itu, menurut survei Verisign, 84% konsumen percaya bahwa pengecer online yang menggunakan situs web lebih dapat diandalkan daripada pengecer yang hanya menjual di media sosial. Oleh karena itu, Grameds membutuhkan website untuk memasarkan brand Anda. Selain itu, 77% pembeli potensial membaca ulasan produk secara online, dan situs web tersebut adalah tempat yang tepat untuk menghubungi mereka.

2. Berfungsi Sebagai Katalog

Saat menjual barang di media sosial atau marketplace, tidak ada pilihan untuk mendeskripsikan barang tersebut. Di sisi lain, tampilan website bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalnya, Grameds dapat menampilkan produk yang berbeda dengan font untuk membantu calon pembeli mengetahuinya.

3. Meningkatkan Pelayanan Kepada Pembeli

Marketplace dan media sosial memiliki kemampuan chat atau messaging yang dapat Grameds akses kapan saja. Namun, mengelola pesan masuk bisa jadi membosankan jika banyak orang sudah menunggu untuk berkomunikasi dengan toko. Tentu saja, jangan sampai lupa menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Untuk mengatasi masalah ini, Grameds memerlukan situs web dengan kemampuan obrolan atau tiket yang lebih berkualitas dan terorganisir.

4. Lebih Mudah Menemukan Brand Di Mesin Pencarian

Menurut survei oleh GE Capital Retail Bank, 81% orang menggunakan mesin pencari untuk mensurvei produk mereka sebelum melakukan pembelian. Selain itu, 60% pembeli mengunjungi situs e-commerce yang mereka temukan di mesin pencari sebelum membuat keputusan pembelian akhir.

Tentu saja, dilihat dari fakta-fakta ini, menjual di pasar atau di media sosial tidak menjamin eksposur merek yang cukup. Pertimbangkan untuk berdagang secara independen dari situs web e-commerce daripada menggunakan platform perantara.

5. Banyak Kompetitor Yang Menggunakan Website

Persaingan bisnis di Internet sangat ketat, apalagi jika produk dan jasa yang Grameds jual ditawarkan oleh banyak vendor lain. Saat Grameds masih berdagang di marketplace, banyak pesaing telah mencap merek mereka di situs toko online, dan calon pembeli juga menggunakan mesin pencari untuk menemukan merek yang dapat mereka percaya. Harap diingat bahwa ada baiknya Grameds menggunakan situs web untuk memasarkan bisnis sebelum persaingan menjadi sengit.

6. Membuat Website Itu Mudah Dan Murah

Sebenarnya tidak mudah bagi banyak orang untuk memulai sebuah situs web. Nyatanya, prosesnya tidak serumit yang Grameds bayangkan. Sebelum membuat situs toko online pertama, Grameds hanya perlu membeli layanan hosting dan domain. Keduanya tidak membutuhkan banyak sumber dana.

Senin, 07 Februari 2022

Mengenal Definisi dan Macam Bukti Transaksi

Definisi Bukti Transaksi

Bukti transaksi adalah bukti tertulis yang mencatat atau merekap seluruh kegiatan transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan atau sebuah bisnis. Bukti transaksi memiliki peran penting dalam mencegah munculnya permasalahan dalam hal keuangan di waktu yang akan datang.

Bukti transaksi yang sudah dicatat adalah pegangan untuk mempermudah tim akuntan perusahaan atau sebuah bisnis dalam menyusun laporan keuangan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari adanya pencatatan bukti transaksi secara urut dan rutin. Selain bisa untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab dalam sebuah transaksi yang sudah terjadi, bukti transaksi juga bisa mencegah terjadinya kesalahan dalam penghitungan finansial sebuah bisnis atau perusahaan.

Tujuan dan Manfaat Bukti Transaksi

Bukti transaksi yang sudah dicatat merupakan pegangan untuk mempermudah akuntan perusahaan dalam menyusun laporan keuangan. Dari pencatatan tersebut dapat diketahui pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya transaksi, dan dapat menghindari duplikasi pada pengumpulan data keuangan. Selain itu, bukti transaksi dapat mengurangi kemungkinan kesalahan dengan cara menyatakan transaksi dalam bentuk tulisan.

Jenis Bukti Transaksi

Terdapat dua jenis bukti transfer, yaitu:

  • Bukti Transfer Internal, yakni bukti transaksi yang berasal dari dalam perusahaan. Transaksi tersebut dilakukan oleh personalia perusahaan dan hanya mengikuti di dalam perusahaan. Transaksi internal berorientasi kepada perubahan posisi keuangan yang terjadi pada lam perusahaan. Baik transaksi yang dibuat maupun transaksi yang dikeluarkan semua berasal dan berdasarkan kebutuhan perusahaan. Bukti transaksi internal dapat dicontohkan seperti memo dari pimpinan perusahaan kepada karyawan kantor.
  • Bukti Transaksi Eksternal, adalah bukti pencatatan transaksi yang berlangsung antara pihak perusahaan dengan pihak luar perusahaan. Bukti transaksi ada bermacam-macam, misalnya saja seperti kwitansi, faktur, cek, nota kredit, nota debet, dan lain sebagainya.

Macam-macam Bukti Transaksi

Berikut adalah contoh bermacam-macam bukti transaksi, di antaranya:

  1. Nota Kontan: Bukti pembayaran atau dokumen pembayaran yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli sebagai bukti transaksi atas penjualan barang secara tunai.
  2. Nota Kredit: Bukti transaksi penerimaan barang yang telah dijual atau pengambilan barang. Nota kredit yang dikeluarkan oleh penjual ini berfungsi sebagai alat persetujuan dari penjual atas permohonan pengurangan harga yang diminta oleh pembeli karena barang yang diterima mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan apa yang dipesan oleh pembeli.
  3. Nota Debet: Dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan tentang pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (rusak).
  4. Faktur: Pernyataan tertulis mengenai barang yang telah dijual, baik dalam jumlah dan harganya. Faktur dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Salah satu fungsi dari faktur adalah sebagai bahan pertimbangan pembeli dalam meneliti kembali akan barang-barang yang telah dibelinya.
  5. Kwitansi: Bukti dari transaksi pada saat penerimaan sejumlah uang. Kwitansi ini dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang lalu kemudian diserahkan kepada yang melakukan pembayaran.
  6. Cek: Perintah pembayaran yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di suatu bank, dengan tujuan agar bank tersebut membayarkan sejumlah uang yang tertulis kepada orang yang membawa surat atau yang namanya tertulis di surat cek tersebut.
  7. Bukti Memorandum: Bukti transaksi yang dibuat oleh pimpinan perusahaan atau orang yang diberikan wewenang untuk suatu kejadian-kejadian yang berlangsung di dalam internal perusahaan. Misalnya, seperti memo seperti untuk mencatat gaji pegawai yang masih harus dibayar pada akhir periode.
  8. Bilyet Giro: Surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nasabah suatu bank ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank lain.
  9. Rekening Koran: Bukti untuk mutasi kas di bank yang disusun oleh pihak bank untuk para nasabahnya.
  10. Bukti Setoran Bank: Catatan transaksi (slip setoran) yang disediakan oleh pihak bank untuk digunakan pada saat atau setiap melakukan setoran uang ke bank, seperti untuk investasi.
  11. Bukti Kas Masuk: bukti transaksi tertulis terkait penerimaan uang (kas) yang disertai oleh buktinya. Bukti tersebut biasanya hanya digunakan oleh pihak internal perusahaan sekaligus sebagai data pengarsipan. Kas dapat berasal dari uang tunai yang dibayarkan oleh customer bisa dalam bentuk cicilan, bunga, jenis investasi, ataupun sebagainya. Contoh bukti kas masuk adalah kwitansi dan nota.
  12. Bukti Kas Keluar: adalah bukti transaksi terkait pengeluaran kas maupun pembayaran. Kas biasanya dikeluarkan untuk membayar biaya perlengkapan, peralatan, dan segala hal yang dibutuhkan oleh kantor. Bukti transaksi kas ini harus memiliki keterangan lengkap, mulai dari tanggal, nama, keterangan kegiatan, dan ditandatangani oleh pihak yang memiliki otoritas keuangan di perusahaan. Bukti ini nantinya dapat digunakan akuntan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dalam jumlah kecil. Contoh bukti kas keluar adalah nota kontan asli atau kwitansi dari kreditur.

Mau Apa dan ke mana Setelah Lulusan SMK?

  Mau Apa dan ke mana Setelah Lulus SMK? Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang untuk mempersiapkan lulusannya untuk siap beker...